Bupati Lumajang : BUMTren Darun Najah Harus Ditiru Pesantren Lain

oleh -

Lumajang, ArahJatim.com – Tiga tahun menjabat, satu persatu janji Bupati Lumajang, Thoriqul Haq terus direalisasikan, salah satunya program pencanangan Badan Usaha Milik Pesantren (BUMTren). Yang diresmikan langsung di halaman Pondok Pesantren Darun Najah, Desa Petahunan, Kecamatan Sumbersuko, Lumajang, Senin (11/01/2021).

“Disini baru yang pertama saya resmikan di awal tahun ini, ke depannya saya berharap ada banyak pesantren yang ikut mendirikan BUMTren, sebab, selain bisa membrikan pendapatan lain untuk pesantren, BUMTren ini juga menjadi salah satu sarana edukasi tambahan terutama posdok yang memiliki lembaga pendidikan skil, ungkapnya Bupati Lumajang, Thoriqul Haq saat dikonfirmasi ArahJatim.com.

Pihaknya juga berjanji, Pemerintah Kabupaten Lumajang akan membantu sebisa mungkin mulai dari bantun resmi maupun intervensi pasar dari produk BUMTren ini.”Ke depan, BUMTren dan Pemkab harus menjadi satu kesatuan dalam mendirikan konsep kemandirian pesantren,” tambahnya.

Sementara, BUMTren Darun Najah ini telah bergerak di berbagai unit usaha, mulai dari produksi abon dari berbaga jenis ikan, konveksi, hingga makanan ringan berbahan baku pisang dan ketela.

“Sementara ini sudah ada beberapa yang sudah laku di masyarakat, tapi kami tetap membutuhkan dorongan dan bimbingan dari pemerintah agar usaha kami ini terus berkembang dan bermanfaat untuk pesantren khususnya,” kata pengasuh yang sekaligus pembina BUMTren Darun Najah, Hj. Chullatul Lutfiah.

Selain meresmikan BUMTren, Bupati Lumajang juga memberikan beberapa bantuan untuk beberapa unit usaha BUMTren ini, mulai bantuan bibit ikan, bantuan bibit tanaman buah hingga sayur-mayur. (rokh)