Pemkot Surabaya Turunkan Tim Swab Hunter Saat Libur Panjang

oleh -

Surabaya, ArahJatim.com – Guna mencegah penambahan kasus COVID-19 selama libur panjang akhir pekan ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menerjunkan Tim Swab Hunter untuk berjaga di titik-titik keramaian. Jika ada orang yang melanggar protokol kesehatan (prokes), maka yang bersangkutan akan langsung dites swab.

Kepala Satpol PP Kota Surabaya, Eddy Christijanto menjelaskan, Tim Swab Hunter ini sudah disiagakan sejak awal libur panjang yaitu cuti bersama, Rabu (28/10/2020).

Pengawasan ini dilakukan di beberapa titik potensi keramaian seperti Kebun Binatang Surabaya (KBS), Mangrove Wonorejo dan Medokan Ayu, kawasan Pantai Kenjeran, Jembatan Suroboyo, Taman Suroboyo dan di bawah kaki Jembatan Suramadu.

“Jadi kami laksanakan pemantauan ini. Selama cuti bersama pemkot melakukan pengawasan protokol kesehatan di lokasi-lokasi wisata,” ujarnya, Jumat (30/10/2020).

Eddy mengatakan, pengawasan protokol kesehatan ini dilakukan mulai pagi hingga malam hari. Mereka mengerahkan segenap personel Pemkot Surabaya untuk mengawasi. Saat pagi hari, pengawasan dilakukan oleh jajaran kecamatan bersama OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait.

“Kecamatan dengan OPD terkait dari pagi sampai pukul 15.00 WIB. Kemudian pukul 15.00 WIB sampai malam, Satpol PP, Linmas, dan Dishub,” katanya.

Tim Swab Hunter ini bertugas untuk memantau para pelanggar protokol kesehatan. Apabila ditemukan pelanggar, pihaknya bakal memberikan sanksi berupa swab di lokasi yang telah ditentukan. Jika pagi hari, pelaksanaan swab dilaksanakan di Puskesmas terdekat hingga pukul 13.00 WIB.

“Kalau malam, swab berlangsung di lima lokasi yang telah ditentukan. Yaitu di Gelanggang Remaja Surabaya, Park and Ride Jalan Mayjend Sungkono, Eks Kantor Kejari Jalan Kasuari, Park and Ride Jalan Arif Rahman Hakim, dan halaman Kantor Kecamatan Tandes,” pungkasnya. (rd/fm)