Pemkot Blitar Luncurkan Smart Card Untuk Uji KIR Kendaraan

by -
https://live.staticflickr.com/65535/48748524481_1e244fac37_b.jpg
Plt Walikota Blitar Drs. Santoso, M.Pd. menyerahkan penghargaan kepada Kadishub Kota Blitar Priyo Suhartono. (Foto: arahjatim.com/hms.mua)

Blitar, ArahJatim.com – Memperingati Hari Perhubungan Nasional, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Blitar meluncurkan (launching) aplikasi sistem uji kir kendaraan berbasis IT atau Smart Card. Sistem uji kir tersebut juga sudah dinyatakan lulus dengan Bukti Lulus Uji Elektronik (BLUE). Dengan sistem ini, pelayanan uji kir bisa dipersingkat sekitar 25 menit.

Peluncuran aplikasi sistem uji kir ini dilakukan oleh Plt Walikota Blitar Drs. Santoso, M.Pd. Peluncuran Smart card ini dilakukan usai upacara Hari Perhubungan Nasional, yang digelar di halaman Kantor Walikota Blitar, Jalan Merdeka Kota Blitar.

Plt Walikota Blitar Santoso mengatakan, dengan sistem pelayanan ini semakin mempermudah petugas dan pemilik kendaraan itu sendiri.

“Pemilik kendaraan akan semakin mudah saat melakukan uji KIR, dan petugas juga tidak memerlukan banyak kertas untuk pelayanan uji kendaraan. Karena Semua data kendaraan tersimpan dalam aplikasi,” terang Santoso usai peluncuran Smart Card uji KIR.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Blitar Priyo Suhartono mengaku, Buku lulus uji kendaraan nanti juga diganti dengan kartu pintar atau smart card. Smart card itu dilengkapi dengan barcode. Hasil pengujian kendaraan yang ditempel di bodi kendaraan juga dilengkapi barcode.

“Untuk pengecekan, petugas tinggal menempelkan aplikasi di ponsel ke stiker yang ditempelkan di bodi mobil. Dengan begitu, semua data hasil uji kendaraan sudah muncul di aplikasi secara otomatis,” papar Priyo Suhartono.

Tak hanya itu, dengan sistem tersebut, pelayanan uji kendaraan juga lebih cepat. Jika biasanya butuh waktu 55 menit, dengan sistem ini pelayanan uji kendaraan bisa selesai dalam 30 menit.

“Dari hasil uji coba, sistem itu dapat mempersingkat waktu pelayanan sekitar 25 menit,” tambah Priyo.

Sekadar diketahui, sesuai Pasal 152 PP Nomor 55/2012 tentang Kendaraan menyebutkan setiap kendaraan yang telah melakukan pengujian kendaraan berhak mendapatkan bukti KIR, yakni berupa kartu uji, tanda uji dan Tanda Samping Kendaraan Bermotor.

Namun, sesuai Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor SK.2922/AJ.402/DRJD/2017 tanggal 8 Mei 2018 tentang Pedoman Teknis Bukti Lulus Uji Berkala Kendaraan Bermotor menyebutkan seluruh bukti KIR diubah menjadi Kartu Pintar. (adv.hms.mua)