Ombak Tinggi Rusak Puluhan Warung Di Pantai Dampar Lumajang

oleh -
Puluhan warung warga di pantai Dampar Desa Bades Kecamatan Pasirian Lumajang rusak parah setelah diterjang ombak tinggi, Kamis (19/07/2018). (Foto: ArahJatim.com/rokhmad)

Lumajang, ArahJatim.com – Peristiwa gelombang tinggi di laut selatan Lumajang menyebabkan puluhan warung makan di lokasi wisata pantai Dampar, Desa Bades Kecamatan Pasirian Lumajang, rusak pada Kamis  (19/07/2018).

Bangunan semi permanen yang dibuat dari anyaman bambu tak bisa digunakan lagi. Bahkan, sejumlah peralatan warung makan milik pedagang ikan bakar tertimbun pasir. Sebagian ada yang terbawa arus gelombang laut.

Menurut warga, terpaan ombak itu terjadi sejak Kamis dini hari, saat warga mendengar suara ombak mereka mendatangi sejumlah warung makan milik mereka, Warung-warung itu sudah diterpa gelombang dengan ketinggian sekitar lima meter lebih.

“Mulai jam dua malam mas, gak tau ketinggiannya soalnya gak kelihatan kan masih malam,” kata Muhammad Rubi’i, salah satu pemilik warung makan saat ditanya ArahJatim.com.

Semua pemilik warung makan di pantai tersebut tak bisa beraktivitas. Mereka hanya bisa menyelamatkan sisa bangunan warung, yang akan kembali digunakan jika kondisi ombak pantai kembali normal.

Sementara petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang telah menurunkan tim untuk melakukan pemantauan terhadap kondisi ombak di Pesisir Pantai Selatan agar tak sampai menelan korban jiwa.(rokhmad)