Mas Bup Sidak: Digitalisasi Dokumen Percepat Pelayanan Publik

oleh -

Kediri, ArahJatim.com – Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana atau yang akrab disapa Mas Bup, melakukan inspeksi mendadak di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) dan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) pada Jumat, (30/4/21). Sidak dilakukan untuk mengetahui pelayanan kepada masyarakat yang dilakukan di dua satker tersebut.

Dalam sidak ini Mas Bup melihat langsung pelayanan di Dispendukcapil, karena selama ini salah satu keluhan yang sering disampaikan adalah terkait layanan administrasi kependudukan. Mas Bup juga berdialog dengan salah satu warga yang mengantri mengurus dokumen kependudukan.

“Untuk pelayanan di Bapenda relatif kondusif, tadi juga sedang dilakukan rapat terkait sosialisasi BPHTB, pajak dan sebagainya. Sementara untuk Dispendukcapil masih ada sistem layanan yang dilakukan secara manual sehingga menimbulkan antrian,” kata Mas Bup.

Dari pantauannya, pada bagian pengubahan KK dan akta dimana dokumen mencapai jutaan, masih dicek dua atau tiga orang, sehingga menimbulkan kerumunan dan proses kepengurusannya lama. Untuk itu Mas Bup meminta dokumen-dokumen tersebut harus didigitalisasi atau masuk database.

“Tadi disampaikan petugas merasa kesulitan jika akta di bawah tahun 2014, dengan dokumen sebanyak itu pengecekan tidak bisa dilakukan cepat. Tapi itu bukan alasan karena pemerintah harus memberikan pelayanan yang cepat dan baik. Solusinya adalah mengubah dari dokumen kertas ke digital,” urainya.

Terkait hal ini, Mas Bup pun menyampaikan agar satker terkait mengajukan besaran anggaran untuk digitalisasi dokumen. Selain memantau pelayanan publik, pada sidak ini Mas Bup juga meminta penertiban parkir di area kantor Dispendukcapil dan Bapenda. (Kominfo)

No More Posts Available.

No more pages to load.