Luar Biasa….Urus Paspor Hanya 10 Menit Di Imigrasi Blitar

oleh -
Salah seorang lansia yang mendapatkan pelayanan prima di kantor Imigrasi Blitar, mengurus paspor hanya 10 menit. Layanan ini hanya berlaku sehari saja. (Foto: ArahJatim.com/mua)

Blitar, Arahjatim.com – Ada yang berbeda di Kantor Imigrasi Kelas II Blitar untuk menyambut hari lansia 29 Mei nanti. Karena Kantor Imigrasi Kelas II Blitar melakukan inovasi dengan memberikan layanan khusus super cepat kepada pemohon paspor berusia lanjut. Layanan khusus ini digelar sehari,  Jumat (25/5/2018).

Untuk mengurus permohonan paspor para lansia ini hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 10 menit saja. Padahal normalnya untuk pelayanan pengurusan paspor antara 30 sampai 40 menit.

“Program ini kita lakukan untuk menghormati para lansia jelang hari lansia 29 Mei nanti. Hari ini pelayanan untuk lansia mulai dari penyerahan formulir, entri data, wawancara, dan foto hanya butuh 10 menit bahkan kurang dari itu,” papar Kepala Kantor Imigrasi Klas II Blitar Muhammad Akram.

Pelayanan permohonan paspor ini hanya membutuhkan waktu singkat karena ada beberapa tahapan yang dimaksimalkan. Diantaranya adalah tahapan wawancara dan pengisian formulir. Untuk tahapan wawancara prosesnya disingkat karena dianggap tidak ada yang mencurigakan dari para lansia ini.

“Apalagi yang perlu kita curigai dari para lansia ini. Jadi wawancara bisa disingkat bisa sambil melakukan sidik jari,” imbuh Akram.

Tak hanya itu, Kantor Imigrasi Klas II Blitar juga akan menyediakan layanan pemeriksaan kesehatan gratis bagi lansia.

Ali salah satu pemohon paspor mengatakan sangat terbantu dengan program Kantor Imigrasi Klas II Blitar ini. Ia bersama  ibunya Siti Khodijah (70) mengurus paspor untuk pergi haji.

“Alhamdulillah dengan program ini gak perlu waktu lama, jadi ibu saya juga gak nunggu lama dan tidak capek,” jelas Ali.

Sementara untuk pengisian formulir, para lansia didampingi petugas untuk memastikan tidak ada kesalahan. Meski dipersingkat, namun pihaknya memastikan tidak akan mengurangi unsur keamanan proses penerbitan paspor. (mua)