Limbah B3 di Sungai Brantas Dapat Kecaman Warga

oleh -

Tulungagung, ArahJatim.com – Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (Limbah B3) yang mencemari Sungai Brantas kini mendapat kecaman dari warga yang berada di Tapan Kecamatan Kedungwaru Tulungagung, Jawa timur.

Limbah tersebur berasal dari pabrik kertas PT Setia Kawan Makmur Sejahtera. Limbah cair dari pabrik ini, dibuang melalui pipa pembuangan yang langsung menuju aliran sungai.

Tentu saja hal ini membuat air sungai tersebut tercemar hingga menyebabkan airnya berubah warna dan menyebabkan warga sekitar mengalami alergi gatal-gatal pasca menggunakan air tersebut untuk keperluan sehari-hari.

Menurut keterangan salah satu penduduk sekitaran bantaran Sungai Brantas sangat menyesalkan atas tindakan pabrik kertas yang tidak menggunakan metode filterisasi pembuangan limbah yang benar.

“Seharusnya ada Instalasi Pengolahan Air Limbah yang berstruktur dirancang untuk membuang limbah biologis dan kimiawi dari air sehingga memungkinkan air tersebut untuk digunakan pada aktivitas yang lain,” tandas salah satu warga terdampak gatal-gatal yang tidak mau disebutkan namanya.

Pada kesempatan yang lain Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tulungagung, Santoso saat ditanya perihal pembuangan limbah dari PT Setia Kawan yang langsung menuju bantaran Sungai Brantas itu bahwasanya sudah ada laporan yang masuk.

“Iya itu banyak laporan yang masuk perihal dari PT Setia Kawan, saya sudah perintahkan Kabid untuk melakukan pengecekan dan mengambil sample dari air tersebut,” jelas Santoso saat dihubungi melalui telepon selulernya.

Kini masyarakat sekitaran Tapan Kecamatan Kedungwaru Tulungagung, menaruh harapan besar agar Dinas Lingkungan Hidup mampu mengembalikan ekosistem sungai yang bersih agar layak digunakan sebagaimana semestinya. (ryl)