Ini Langkah Langkah GTPP Covid-19 Kab. Kediri Tangani Pandemi

oleh -

Kediri, ArahJatim.com – Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 terus melakukan berbagai upaya dalam penanganan dan pencegahan Covid-19. Seperti pada Sabtu, (16/5), dilaksanakan edukasi, sosialisasi dan penertiban yang melibatkan jajaran TNI, Polri, Satpol PP, BPBD, Dinas Perdagangan, Bagian Perekonomian, DKPP serta Dinas Pertanian dan Perkebunan.

Kegiatan yang dilaksanakan di hari kedua ini menyasar beberapa lokasi yakni Pasar Kandangan, Pasar Pamenang Pare dan swalayan di wilayah Kec. Pare. Petugas mewajibkan para pedagang dan pembeli untuk menggunakan masker saat melakukan aktivitas. Mereka pun dihimbau untuk selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat, serta rajin mencuci tangan agar terhindar dari virus corona.

Sebagai langkah antisipasi penyebaran dan memutus penularan Covid-19, GTPP Covid-19 Kabupaten Kediri juga melakukan tracing kepada orang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Hari ini Gugus Tugas melakukan rapid tes kepada 68 warga desa Kedak Kecamatan Semen.

Hal ini dilakukan setelah mengetahui keenampuluh delapan orang tersebut melaksanakan tarawih bersama pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Desa Kedak, sebelum hasil swab pasien tersebut keluar. Dari 68 orang, hasil rapid 12 orang diantaranya adalah reaktif. Selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan swab untuk memastikan apakah keduabelas orang tersebut terjangkit Covid-19.

Tak hanya itu, GTPP Covid-19 Kab. Kediri juga melakukan koordinasi dan edukasi kepada pemerintah desa yang warganya terkonfirmasi positif Covid-19. Dukungan baik dari pemerintah desa maupun lingkungan sekitar harus diberikan kepada warga yang melakukan isolasi mandiri. Covid-19 bukan aib dan bisa disembuhkan. Untuk itu saling bantu dan saling menyemangati dibutuhkan dalam menangani pandemi ini. (Kominfo)