Gelombang Tinggi Dan Angin Kencang Di Selat Bali

oleh -

Banyuwangi, ArahJatim.com – Gelombang tinggi dan angin kencang yang diperkirakan terjadi di perairan selat Bali dalam dua hari kedepan, Badan Metereologi Klimatoligi dan Geofisika (BMKG) Banyuwangi, mengimbau kepada seluruh operator pelayaran yang beroperasi di pelabuhan penyebrangan ASDP Ketapang – Gilimanuk untuk waspada.

Menurut prakirawan BMKG Banyuwangi, berdasarkan hasil pengamatan dalam dua hari ini ada pertumbuhan awan konfektif yang terjadi di wilayah Banyuwangi, berpengaruh dengan gelombang tinggi di wilayah Selat Bali, yang mencapai 1,5 meter. Sedangkan angin kencang bersifat fluktuatif, sewaktu- waktu kecepatan angin berubah-ubah antara 6 sampai 34/jam.

Baca Juga :

“Tinggi gelombang sewaktu- waktu bisa lebih tinggi jika terjadi pertumbuhan awan CB di wilayah tersebut. Berdasarkan data yang kami amati mungkin adanya pertumbuhan awan konfektif saja. Jadi peristiwa ini cukup lokal berlangsung singkat hanya dalam waktu tertentu. Tidak untuk waktu yang lama dan itu cukup fluktuatif naik turun juga,” ucap Fredy, petugas BMKG, Banyuwangi kepada sejumlah awak media, Jumat (35/2019) sore.

Mengantisipasi kondisi tersebut, Badan Metereologi Klimatoligi dan Geofisika (BMKG) mengimbau kepada operator pelayaran untuk berhati-hati saat beroperasi di perairan Selat Bali.

“Kami himbau kepada operator pelayaran  untuk tetap waspada kepada peningkatan angin karena kalau pertumbuhan awan CB itu meningkatkan kecepatan angin dan pada akhirnya meningkatkan tinggi gelombangnya juga,” pungkas Fredy. (ful)