Dr. Hufron, SH. MH. : Berfikirlah Dengan Benar Dan Jangan Golput

by -
Pakar hukum, Dr. Hufron, SH., MH. usai menjadi narasumber di Universitas Wiraraja, Sumenep. (Foto: arahjatim.com/M.Han)

Sumenep, ArahJatim.com Pakar hukum, Dr. Hufron, SH., MH, menyebut secara yuridis, tidak ada istilah Golput di dalam undang-undang pemilu, akan tetapi yang dilarang mencegah orang lain untuk memilih.

“Bagaimanapun caranya, entah itu dengan memberikan materi, ancaman, selagi itu mencegah orang lain untuk tidak memilih, itu bisa dipidana,” ungkapnya usai menjadi pemateri seminar di Universitas Wiraraja dengan tema Partisipasi warga negara dalam pemilu 2019, “Memilih atau Golput”. Sabtu, (16/03/2019)

Hufron, juga menambahkan bahwa, tujuan pemilu itu adalah untuk mewujudkan keadilan dan integritas.

Baca Juga:  Meski Kerap Jadi Tempat Mesum, Belum Satupun Hotel Di Sumenep Ditindak

“Yang harus kita kawal saat ini adalah pemilu yang berintegritas, tahap-tahapnya yang berintegritas, pelaksana yang berintegritas, untuk terciptanya pemilu yang demokratis,” tambahnya

Dan demi untuk terciptanya pemilu damai, Hufron menambahkan, setiap tim sukses calon harus bijak dalam menggunakan media sosial, gunakan media sosial secara rasional.

Baca Juga : Gaji Perangkat Desa Naik, Harapan DPMD Kabupaten Sumenep 

“Sekarang itu, bisa saja untuk dipergunakan untuk menyebar hoax, untuk apa? Untuk mempengaruhi orang lain supaya tidak memilih calon yang lain, makanya di sosial media itu, harus tidak ada yang namanya berita hoax, ujaran kebencian, dan lain lain, itu yang menurut saya penting,” pungkasnya.(M.Han)