Bupati Terpilih Gunungkidul Pilih Maung Pindad sebagai Kendaraan Operasional

oleh -

Gunungkidul, ArahJatim.com – Bupati terpilih Gunungkidul, Sunaryanta membeli Maung mobil produksi PT Pindad dengan menggunakan uang pribadinya sebelum dilantik menjadi orang nomor satu di Kabupaten tersebut. PT Pindad (Persero) akan mengirim satu unit SUV (Sport Utility Vehicle) Maung dengan warna hijau army dof sesuai pesanan.

Pilihannya terhadap Maung bukan tanpa alasan. Sebagai Bupati yang bertugas di daerah dengan kondisi geografis berupa pegunungan dan perbukitan, ia membutuhkan kendaraan yang tangguh dan handal. Sebagaimana diketahui, SUV Maung pada awalnya memang diciptakan sebagai kendaraan taktis (Rantis) militer.

Menurutnya, dengan harga yang relatif murah yakni sekitar Rp600 jutaan per unitnya, Maung memenuhi kriteria sebagai kendaraan operasional yang ia butuhkan.

“Kabupaten Gunungkidul merupakan wilayah perbukitan jalan-jalan terjal naik, selain itu juga saya ingin menggunakan produk dalam negeri dalam menunjang kinerja saya nanti ke depan (sebagai Bupati Gunungkidul),” kata Sunaryanta kepada ArahJatim.com, Senin (22/2/2021).

Karenanya, Sunaryanta membeli mobil Maung Pindad untuk mobil operasional karena dapat menembus daerah yang sulit diakses oleh kendaraan biasa. Dimana kondisi geografis Gunungkidul berupa pegunungan dan bukit-bukit.

Selain itu, sebagai bentuk dukungan terhadap industri mobil nasional (mobnas), Sunaryanta mengaku siap mempromosikan Maung Pindad agar laku di pasaran. Ia mengajak masyarakat lebih mencintai produk dalam negeri dengan membeli mobil nasional karya anak negeri.

Untuk sekadar diketahui, Sunaryanta adalah bupati terpilih kedua yang membeli mobil buatan Pindad ini untuk menunjang aktivitasnya sebagai kepala daerah. Setelah sebelumnya bupati terpilih Kabupaten Jember juga memilih mobil yang sama untuk kendaraan operasional. (tis)

Spesifikasi…