BPBD Pamekasan dan Relawan Kembali Salurkan Bantuan Masyarakat Untuk Korban Bencana di Tanah Air

oleh -

Pamekasan, ArahJatim.com – Sebagai bentuk keprihatian dan kepedulian atas musibah yang terjadi di sejumlah daerah di Tanah Air, relawan dari organisasi FRPB, RAPI dan FPRB Pamekasan bekerja sama dengan BPBD Pamekasan kembali menyalurkan bantuan kemanusiaan dari masyarakat Kabupaten Pamekasan, Rabu (10/2/2021) siang.

Kali ini bantuan kemanusiaan disalurkan kepada masyarakat yang terdampak bencana di Kalimantan Selatan (Kalsel), dan Sulawesi Barat (Sulbar). Bantuan juga disalurkan kepada warga di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, yang selama sepekan terakhir dilanda banjir.

Pengiriman bantuan tahap kedua, hasil dari donasi masyarakat Pamekasan yang telah dihimpun oleh para relawan Sispala, HMI, IEA diangkut dengan truk serbaguna BPBD Kabupaten Pamekasan. Mereka membawa bantuan logistik yang siap dikirim berupa 1 ton beras, popok bayi 5 dus, air kemasan 100 dus, dan baju layak pakai 5 sak. Bahkan pada pengiriman kali ini mereka juga mengirim 1  ton pakan ternak untuk Sapi warga terdampak banjir di Kabupaten Jombang juga.

Sebanyak satu ton beras, lima dus popok bayi, 100 dus air minum dalam kemasan dan lima sak baju layak pakai diangkut menggunakan truk serbaguna BPBD Kabupaten Pamekasan. Bantuan tahap kedua ini dikumpulkan para relawan Sispala, HMI, IEA dari masyarakat Pamekasan. Kali ini, bahkan satu ton pakan ternak siap dikirimkan untuk memenuhi kebutuhan pakan ternak sapi warga yang terdampak banjir di Kabupaten Jombang.

Supervisor Pusdalops BPBD Kabupaten Pamekasan, Budi Cahyono mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Pamekasan dan para relawan dari Sispala, FRPB, HMI, IEA yang sudah berkenan menyumbangkan donasi dan bantuannya untuk membantu masyarakat yang tertimpa musibah.

“Bantuan untuk korban bencana alam di Jombang langsung kita kirim ke lokasi, sedangkan untuk korban bencana di Sulbar dan Kalsel kita satukan dengan bantuan dari BPBD Jawa Timur,” terang Budi kepada koresponden ArahJatim.com saat pemberangkatan.

“Terima kasih juga atas koordinasi dan kepercayaan kepada Relawan dan BPBD Pamekasan untuk mengirimkan bantuan ke daerah yang terdampak bencana. Khususnya pada upaya pemenuhan pangan ternak yang memang sangat dibutuhkan oleh warga terdampak karena areal lahan hijau masih tergenang air. Semoga bantuan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat yang sedang mengalami musibah tersebut,” imbuh Budi yang juga Sekjen Forum PRB Kabupaten Pamekasan.

Semua harus bisa saling peduli kepada sesama supaya dampak bencana yang ada tidak berkepanjangan. (adv/ndra)