Boleh Pulang, Pasien Positif Covid 19 Asal Blitar Sembuh

oleh -

Kediri, ArahJatim.com – Kabar baik di sampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Kediri Krisna Setiawan menginformasikan, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang terkonfirmasi covid-19 dari Blitar yang dirawat di rumah sakit Kabupaten Kediri kemarin sudah pulang dan hasil test swabnya terkonfirmasi negatif, Jumat (27/3/2020).

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pare Kabupaten Kediri telah menerima rujukan pasien dari Blitar yang memiliki gejala layaknya terpapar covid-19.

Pasien tersebut adalah rujukan dari rumah sakit Aminah Blitar yang mengalami demam setelah pulang dari Bogor. Setelah menjalani perawatan intensif di ruang isolasi RSKK, kondisinya berangsur membaik.

Masih ada satu pasien lagi berstatus positif, Ia warga Kediri yang bekerja di rumah sakit Jakarta, sekarang masih dirawat di ruang isolasi. Saat ini kondisinya mengarah pada perbaikan semoga bisa sembuh.

Sebelumnya satu pasien warga pare meninggal dunia pada selasa, 24 Maret 2020 sebelum hasil swab keluar.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabpuaten Kediri dr. Bambang Triyono Putro mengatakan korban meninggal dunia pada Selasa, 24 Maret 2020.

“Satu orang meninggal dunia sebelum hasil swab (pemeriksaan air ludah) keluar, dimana sebelumnya memiliki riwayat sakit jantung dan diabetes,” kata Bambang dalam siaran persnya, Kamis, 26 Maret 2020.

Korban sempat menjalani perawatan medis di Rumah Sakit HVA Toelongredjo Pare sebelum dirujuk ke RSUD Pare Kabupaten Kediri. Menurut Bambang seluruh proses perlakuan jenazah hingga pemakaman dilakukan sesuai standar pasien dalam pengawasan (PDP).

Selain itu Dinas Kesehatan setempat juga melakukan pelacakan kepada orang-orang yang bersinggungan erat dengan almarhum. Prosedur ini dilakukan menyusul keluarnya hasil swab kepada korban yang menyatakan positif terpapar Covid-19.(das)