Berlatar Panorama Laut Eksotis, Upacara HUT RI ke-75 Digelar di Tengah Pelabuhan

oleh -
Dengan latar belakang panorama laut yang eksotis, upacara peringatan HUT RI ke-75 di Pelabuhan Branta, Desa Branta Pesisir, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan berlangsung khidmat. (Foto: arahjatim.com/ndra)

Pamekasan, ArahJatim.com – Desa Branta Pesisir menjadi tuan rumah pelaksanaan upacara HUT Kemerdekaan RI ke-75 tingkat Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan. Upacara digelar di tengah Pelabuhan Branta yang memiliki pemandangan laut nan eksotis, Senin (17/8/2020).

Bertindak selaku inspektur upacara, Camat Tlanakan, dan dihadiri perangkat desa, warga setempat, personel TNI-Polri, seluruh Kades se-Kecamatan Tlanakan, Syahbandar, dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Kades Branta Pesisir, Agus Istiklal mengatakan, sengaja memilih Pelabuhan Branta sebagai tempat pelaksanaan upacara karena ingin menciptakan konsep serta memperkenalkan panorama laut yang dimiliki Kabupaten Pamekasan.

Menurut Agus, tema yang diusung dalam upacara kemerdekaan tahun ini adalah ‘Branta Pesisir Masa Depan Madura’.

“Untuk memperkenalkan Desa Branta Pesisir yang memiliki ciri khas sebagai wilayah kemaritiman di Pamekasan dan sekaligus gerbang Kabupaten Pamekasan di jalur perairan atau kemaritiman,” tegasnya.

Agus menjelaskan pelaksanaan upacara ini terselenggara atas koordinasi dengan Forkopimka Kecamatan Tlanakan.

“Ini sudah melalui koordinasi dengan Forkopimka Tlanakan. untuk paskibrakanya kami mendapatkan jatah dari kabupaten,” kata Agus usai melaksanakan upacara HUT RI ke-75.

Agus menambahkan, dengan potensi sektor kemaritiman yang dimiliki, diharapkan bisa mendongkrak perekonomian Kabupaten Pamekasan.

“Kami sengaja mengangkat konsep yang berbeda, bahwa Pamekasan juga memiliki sektor kemaritiman yang bisa mendongkrak perekonomian. Kami berharap ke depan Desa Branta Pesisir bisa menjadi desa percontohan di Pamekasan,” ungkapnya.

“Jargon kami adalah ‘Bersahaja’ (Bersih, Santun, Harapan Baru, dan Jaya) semoga Desa Branta Pesisir dan Kecamatan Tlanakan menjadi desa maju untuk Pamekasan Hebat,” harapnya. (ndra)