Antisipasi Penimbunan Beras Kapolres Blitar Sidak Ke Sejumlah Gudang

oleh -

Blitar, ArahJatim.com – Antisipasi penimbunan beras saat harga beras memgalami kenaikan di pasaran, Tim Satgas Pangan Polres Blitar menggelar Inspeksi Mendadak (Sidak) ke sejumlah agen dan gudang beras di wilayah Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar.

Sidak ini dipimpin langsung oleh Kapolres Blitar, AKBP Slamet Waloya. Tim Satgas Pangan langsung memeriksa stok beras di gudang. Selain itu, Tim Satgas Pangan juga menanyakan harga beras medium di tingkat agen.

Kapolres BLitar, AKBP Slamet Waloya mengatakan, sidak ini untuk memastikan tidak ada oknum nakal yang memainkan harga beras, bahkan menimbun beras saat harga beras di pasaran mengalami kenaikan hingga di atas Harga Eceran Tertinggi (HET).

“Satgas Pangan ingin memastikan tidak ada oknum yang memanfaatkan kondisi saat harga beras yang tidak stabil di pasaran dengan menaikan harga beras melebihi HET. Bahkan menimbun beras.” terang AKBP Slamet Waloya.

Sementara salah-satu pemilik agen beras mengaku, pihaknya menjamin aman untuk kebutuhan beras kelas medium satu bulan kedepan.

“Saat ini kita memiliki stok 45 ton beras kelas medium. Kenaikan harga beras akhir-akhir ini karena banyak petani gagal panen, sehingga pasokan beras ke kita berkurang.” ujar Sri Wahyuni, salah-satu pemilik gudang beras terbesar di Pasar Wlingi Kabupaten Blitar.

Untuk memantau harga beras di pasaran melebihi HET, dan guna mencegah praktik kecurangan dan permainan harga, Tim Satgas Pangan Polres Blitar akan terus memantau harga dan stok beras di pasaran.(mua)