Antisipasi Banjir Lanjutan, BPBD dan Relawan Bahu-Membahu Bersihkan Sungai

oleh -
Kalaksa BPBD Pamekasan, Amin Jabir, tampak berjibaku mengangkat sampah dan lumpur yang menyumbat saluran air di Kelurahan Gladak Anyar Pamekasan, pascabanjir setinggi 2 meter. (Foto: arahjatim.com/adv.ndra)

Pamekasan, ArahJatim.com – Guna mengantisipasi agar luapan banjir tidak kembali melanda permukimannya, warga Kelurahan Gladak Anyar, Kecamatan Kota Pamekasan melakukan Aksi Bersih Sungai, Jumat (15/1/2021).

Luapan banjir setinggi 2 meter yang menggenangi permukiman warga selama berjam-jam tempo hari itu mengakibatkan sebuah jembatan jebol dan sejumlah fasilitas umum di Kowel, Kabupaten Pamekasan rusak.

Lurah Gladak Anyar, Bagus Irawan, mengatakan, pihaknya sengaja mengagendakan aksi bersih massal bersama segenap warga.

“Alhamdulillah ini direspon cepat oleh rekan BPBD, DLH, FRPB dan relawan lainnya,” ujarnya kepada awak media.

“Kepedulian dan perhatian terhadap penanggulangan bencana merupakan tanggung jawab kita bersama dan membutuhkan sinergi dan koordinasi komperhensif di lapangan. Sehingga semua bisa berperan melalui potensi dan kapasitas masing-masing untuk turut berpartisipasi dalam kerja bakti pascabanjir sebagai antisipasi adanya ancaman selanjutnya,” tegasnya.

Sementara, Ketua FRPB Pamekasan, Budi Cahyono mengatakan, pihaknya selalu mendukung berbagai upaya pemerintah dalam pengurangan risiko dan penanggulangan bencana di Kabupaten Pamekasan.

“Harapan kami ke depannya, semoga bisa terjalin sinergi dan koordinasi antar-stakeholder kebencanaan secara komprehensif. Baik dalam langkah antisipasi melalui mitigasi dan rekomendasi pengurangan risiko, tanggap darurat saat bencana dan rehabilitasi setelah bencana seperti aksi bersih massal yang dilakukan hari ini,” ungkap Budi.

Tampak para relawan dan petugas dari dinas terkait bersinergi membersihkan saluran air yang melintasi kelurahan langganan banjir ini. Sejumlah partisipan juga terlihat mengangkat berkilo-kilo sampah dari bawah saluran air menuju kendaraan pengangkut yang telah disiapkan.

Terlihat juga Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Pamekasan, Amin Jabir dan sekretarisnya, yang baru dilantik kemarin, terjun langsung mengangkat lumpur dan sampah yang menyumbat saluran, bersama puluhan pemuda dari Pecinta Alam dan tim FRPB Pamekasan. (adv/ndra)