Aksi Ranmor Dua Bandit Jalanan Ini Digagalkan Polsek Sawahan Surabaya

oleh -
Ahmad Lukman Hakim (kanan) Hasyim (kiri) (Foto: dok/jun)

Surabaya, ArahJatim.com – Aksi curanmor di Jalan Pasar Kembang, Surabaya, berhasil digagalkan oleh Tim Anti Bandit Reskrim Polsek Sawahan, Rabu malam (3/6) sekitar pukul 20:30 wib.

Pelaku diketahui berjumlah dua orang, Ahmad Lukman Hakim (18) dan Hasyim (22). Kedua bandit itu tercatat sebagai warga Kerembangan, Surabaya.

Baca Juga  : Polsek Pademawu Bantu Reskrim Polres Sampang Tangkap Penadah Ranmor

Kanit Reskrim Polsek Sawahan Iptu Risty Tanto dalam keterangannya menyampaikan, para pelaku mengambil motor milik korban Sutikno (61), saat diparkir di Jalan Pasar Kembang 92, Surabaya.

“Melihat kunci sepeda motornya tertinggal di sepeda motor, pelaku langsung mengambil dan menuntun sepeda motor milik korban,” ungkap Risty, Kamis (4/6).

Korban yang mengetahui kejadian itu, langsung menghubungi anggota Polsek Sawahan yang kebetulan sedang melakukan patroli rutin.

“Langsung saja anggota mengejar dan mengamankan kedua pelaku,” imbuh Risty.

Bukan hanya sekali ini kedua pelaku tersebut melakukan aksi kejahatan jalanan. Satu di antara dua bandit itu merupakan residivis yang baru bebas pada Januari lalu melalui program asimilasi dari Kementrian Hukum dan Ham.

Baca Juga  : Spesialis Curanmor Keok Setelah Kakinya Ditembus Timah Panas Polisi

“Tersangka Ahmad Lukman sudah melakukan pencurian 3 kali, sedagkan Hasyim merupakan residivis pelaku curanmor yang baru keluar bulan Januari lalu melalui program asimilasi,” terangnya.

Dijelaskan Risti, rekam jejak Lukman melakukan aksi curanmor dilakukan di sejumlah tempat, diantaranya Pasar Simo, Pasar Putat Jaya dan Manukan, Surabaya. Sedangkan Hasyim merupakan residivis atas perbuatan tindak pidana yang sama.

Atas perbuatannya itu, penyidik Kepolisian Sektor Sawahan, Surabaya, menjerat kedua bandit itu dengab pasal 363 ayat (1) ke-4 KUHPidana tentang pencurian dengan pemberatan, dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. (Jun/Spd)