Hutan Bambu Gunung Pegat Blitar Terbakar, Inilah Penyebabnya

oleh -
Kobaran api yang membakar hutan bambu di Gunung Pegat, Blitar sempat terlihat dari jarak dua kilometer. (Foto: arahjatim.com/mua)

Blitar, Arahjatim.com – Hutan bambu di kawasan Gunung Pegat, Desa Kebonduren, Kecamatan Ponggok Blitar terbakar, Selasa malam (4/9/2018). Api yang berkobar sekitar pukul 21.00 WIB itu sempat membesar hingga terlihat dari jarak 2 kilometer.

Kapolsek Ponggok, AKP Mujianta menjelaskan, kejadian berawal saat muncul kobaran api dari rumpun bambu dan semak-semak. Karena kondisi tanaman kering akibat kemarau panjang, api dengan cepat membesar.

“Jadi ada warga yang melihat munculnya api di bagian selatan Gunung Pegat. Api tersebut muncul dari rimbunan bambu dan semak-semak,” jelas Kapolsek melalui sambungan telepon.

Agar kobaran api tidak merembet ke mana-mana, warga dibantu sejumlah petugas dari kepolisian dan TNI melakukan pemadaman secara manual.

“Jadi api kita lokalisir dengan cara diputus apinya agar tidak merembet. Kita pakai cara manual karena tidak bisa dijangkau pemadam kebakaran,” imbuhya.

Polisi juga mengimbau masyarakat yang berada di sekitar Gunung Pegat, untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan, agar tidak mengakibatkan kebakaran di kawasan hutan. (mua)