Wabup Sumenep Apresiasi Karya Batik Warga Binaan

oleh -

Sumenep, ArahJatim.com – Wakil Bupati Sumenep Dewi Khalifah menghadiri penandatanganan kerjasama antara Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Sumenep dan Rumah Tahanan (Rutan) kelas IIB Sumenep, Sabtu (4/4).

Kerjasama tersebut merupakan kesepakatan dalam rangka pengembangan kerajinan karya batik yang dikelola oleh warga binaan. Selain itu, sebagai upaya meningkatkan keterampilan di bidang usaha batik sehingga warga binaan yang ada di rutan bisa memiliki pekerjaan yang bermanfaat dan berdampak baik setelah kembali ke masyarakat.

“Pemkab Sumenep sangat mendukung kerjasama HIMPI dengan Rutan Kelas IIB. Hal ini berdampak pada pengembangan potensi Sumber Daya Manusia (SDM),” kata Dewi Khalifah.

Eva sapaan akrab Dewi Khalifah berharap, melalui kerjasama tersebut bisa meningkatkan perekonomian warga binaan. Selain itu bisa dijadikan jalan untuk membuka usaha dan mendapatkan penghasilan.

“Warga binaan bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan kesejahteraan. Sehingga tidak mengulangi perbuatan yang melawan
hukum,” jelas Eva.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Achmad Yunus selaku Ketua BPC HIPMI Kabupaten Sumenep dan Kepala Rutan Kelas IIB Viverdi Anggoro, disaksikan langsung oleh Dewi Khalifah Wakil Bupati Sumenep.

“Kerjasama ini untuk memberikan pelatihan guna meningkatkan kualitas produk batik. Selain itu memberikan peralatan membatik,” kata Yunus.

Yunus juga akan membantu pemasaran terkait produk batik tulis tersebut. Sehingga melalui kerjaasama itu diharapkan bisa menjamin perekonomian warga binaan setelah keluar dari Rutan Sumenep kelas IIB. (rif)