Upacara Adat Bersih Desa Sukorejo, Lestarikan Budaya Lokal

oleh -

Kediri, ArahJatim.com – Warga Desa Sukorejo Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri Kamis (27/9/18) kemarin menggelar kirab budaya dan juga bersih desa. Acara ini diselenggarakan tiap tahun setiap bulan Suro. Untuk tahun ini kirab budaya dimulai dari rumah ketua panitia sekaligus sesepuh Desa Sukorejo, Bapak Sumardi, kemudian menuju Punden Sukodono.

Turut hadir dalam acara ini Kepala Desa Sukorejo, Sudarmanto, perwakilan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri, tokoh masyarakat beserta tokoh kebudayaan, para pemangku agama dan masyarakat sekitarnya

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri yang diwakili oleh Bapak Yuli Marwantoko selaku Kabid Sejarah dan Kepurbakalaan mengapresiasi terselenggaranya acara ini.

“Dengan adanya ritual 1 Suro yang terus diadakan oleh masyarakat Desa Sukorejo, semoga dapat terus melestarikan kearifan lokal dan juga memperkenalkan kepada generasi muda tentang kebudayaan, khususnya cikal bakal Desa Sukorejo,” katanya.

Selain itu, Bapak Sumardi saat ditemui tim Kominfo juga mengatakan bahwa pelaksanaan ritual 1 Suro juga merupakan wujud syukur kepada Tuhan YME atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya.

“Selain itu untuk menghormati para leluhur, khususnya yang telah babat alas atau mendirikan Desa Sukorejo ini,” terangnya.

Sebagai informasi, kirab budaya dan ritual 1 Suro ini tak hanya diikuti oleh masyarakat Desa Sukorejo tetapi juga masyarakat dari berbagai daerah baik dari Kediri maupun luar Kediri seperti Tulunggung, Blitar, Trenggalek dan Yogyakarta.

Setelah prosesi usai, acara dilanjutkan dengan kenduri bersama masyarakat di Punden Sukodono lalu berebut tumpengan yang diikuti oleh masyarakat sekitar. (Kominfo)