Tiga PERDA Lagi Mulus Ditangan Dewan. DPRD Gelar Paripurna

oleh -

Tulungagung, ArahJatim.com – Setelah dilakukan proses legislasi, akhirnya di bulan Januari 2023 ini lahirlah tiga perda di kabupaten Tulungagung . Tiga perda itu masing masing terkait penanggulangan bahaya narkoba, organisasi pemerintahan desa, dan organisasi baru di tingkat kabupaten.

Dalam agenda sidang yang digelar di gedung DPRD Tulungagung, Sabtu,21/1/2023 menyatakan ranperda yang sebelumnya diinisiasi pihak eksekutif, berubah status menjadi perda.

Adapun ketiga Ranperda itu, tentang Fasilitasi Pencegahan Dan Pemberantasan Penanggulangan Penyalahgunaan Dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika. Hal ini bertujuan untuk mengatur dan melakukan tata kelola pencegahan dan pemberantasan.

arahjatim new community
arahjatim new community

Berikutnya perubahan Ranperda tentang perubahan kedua atas Perda Nomor 4 Tahun 2017 tentang Perangkat Desa. Hal ini pada akhirnya diharapkan dapat menciptakan tranparansi dalam pemilihan perangkat desa untuk mendapatkan SDM perangkat desa yang lebih kompeten.

Mengenai agenda berikutnya, Ranperda tentang Perubahan Keempat Atas Peraturan Daerah Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Pembentukan Dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Tulungagung. Perda ini dibentuk berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 20 Tahun 2018, yang dalam poinya menyebutkan bahwa secara ideal struktur organisasi harus bersifat dinamis sebagai konsekuensi dari adaptasi terhadap dinamika perubahan lingkungan internal dan eksternal.

Ketua DPRD Tulungagung , Marsono, ketika dimintai komentarnya menyatakan, dalam pokok pandangan fraksi yang sudah disampikan , menyatakan semua sudah bisa disetujui.

“Berdasarkan pendapat akhir semua fraksi dapat disimpulkan bahwa semua fraksi pada prinsipnya sependapat dan menyetujui terhadap Tiga Ranperda tersebut untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah setelah mendapat nomor register Gubernur “.

Karena proses ini menyangkut juga terkait eksekutif , Bupati Tulungagung, Maryoto Bhirowo, menyatakan, mengapresiasi apa yang sudah dilakukan DPRD Tulungagung.

” Yaaaaa, selanjutnya terhadap catatan dan usulan dari masing – masing fraksi, kita akan melaksanakannya untuk melengkapi hal hal yang dimaksud, termasuk kekurangannya. Perda ini segera kita tindaklanjuti dengan Peraturan Bupati agar terhindar dari persepsi yang berbeda – beda”. (dni)

No More Posts Available.

No more pages to load.