Siswa TK Diajak Gurunya Belajar di Alam, Apa Alasanya…

oleh -
Siswa TK mengikuti pemandu wisata Alas Semeru yang mengajak mereka menanam dan memanen sayuran. (Foto: arahjatim.com/rokhmad)

Lumajang, ArahJatim.com– Ada ada saja cara berbeda dari guru untuk memberikan pelajaran kepada siswa taman kanak-kanak. Puluhan siswa di Lumajang misalnya, diajak ke tempat wisata alam, Alas Semeru di Desa Purwosono, Kecamatan Sumbersuko Lumajang.

Para siswa di tempat tersebut oleh pemandu diperkenalkan seluk beluk bercocok tanam, termasuk memanennya. Adapun tanaman jenis sayuran, ada tomat, kangkung, dan kacang-kacangan.

Mereka merasa senang bisa melihat langsung tanaman di perkebunan, terlebih sebagian hanya melihatnya ketika di meja makan. Apalagi juga ada sejumlah hewan dalam wisata tersebut, semisal kelelawar, kelinci, dan ragam ayam peliharaan.

“Saya ini ke kebun binatang, bercocok tanam, melihat kelinci, katak. nyabut sayur, ini sama ustadah dan teman-teman. Rasanya senang”, kata Muhammad Dava, salah satu anak TK yang ikut rombongan tersebut.

Kegiatan pengenalan terhadap alam ini sengaja digelar oleh dewan guru di TK Al-Ikhlash Lumajang, selain bisa memberi pelajaran sambil bermain, juga bertujuan untuk memupuk kecintaan terhadap pangan dalam negeri.

“Karena program dari sekolah sudah ada pengenalan pada binatang dan tanaman, jadi setiap tahun diadakan, biar anak-anak tahu secara langsung tidak hanya lewat gambar saja,” kata Yaumil Fadilah, guru kelas TK Al-Ikhlash.

Wisata Alas Semeru ini merupakan wisata edukasi yang berada di Lereng Gunung Semeru. (rokhmad)