Sediakan 5.000 Lowongan Kerja, Banyuwangi Career Expo Siap Digelar

by -
https://live.staticflickr.com/65535/48678314141_946b4f6a0b_b.jpg

Banyuwangi, ArahJatim.com – Pemkab Banyuwangi kembali menggelar Career Expo, besok Kamis 5 September 2019 di GOR Tawang Alun Banyuwangi. Bursa kerja yang akan berlangsung selama tiga hari ini akan diikuti 50 perusahaan, baik dalam maupun luar negeri.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan kegiatan ini menjadi salah satu cara daerah untuk mempertemukan pencari kerja dengan perusahaan yang membutuhkan tenaga trampil maupun tenaga ahli.

“Dengan digelarnya bursa kerja ini, saya berharap dapat membantu para pencari kerja mendapatkan pekerjaan yang diharapkan. Sekaligus perusahaan peserta akan mendapatkan SDM sesuai yang diharapkan,” kata Bupati Anas.

Rutin digelar sejak 2013 lalu, bursa ini mampu menyerap ribuan tenaga kerja baru. Tahun ini, Anas berharap setidaknya ada 500 tenaga kerja asal Banyuwangi yang bisa terserap.

“Kami menargetkan minimal ada 500 job seeker yang terjaring. Tapi kami optimis, bisa terserap lebih dari itu,” kata Anas.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Banyuwangi, Syaiful Alam Sudrajat, menjelaskan bursa kerja ini menyediakan kurang lebih 5000 pekerjaan dari 50 perusahaan. Selain dari dalam negeri, perusahaan yang menyediakan lowongan kerja, juga ada yang berasal dari Malaysia.

“Ada dua perusahaan elektronik dari Malaysia yang membutuhkan 200 – 300 tenaga kerja. Selain itu juga ada lembaga pelatihan kapal pesiar Indonesia yang menyalurkan tenaga kerjanya ke luar negeri. Sisanya adalah lowongan kerja dari dalam negeri seperti Bali, Surabaya, Jember dan Banyuwangi sendiri,” terang Alam.

Career Expo ini, kata Alam, juga diikuti dua Balai Latihan Kerja (BLK) milik pemerintah di Kecamatan Muncar Banyuwangi dan Bandung. Serta Lembaga Perekrutan Kerja Swasta (LPKS). Bagi mereka yang mendaftar mengikuti pelatihan, akan dididik selama 6 bulan hingga 1 tahun, lalu disalurkan ke penyedia pekerjaan sesuai bidangnya.

“Untuk pelatihan ini akan direkrut sekitar 3.000-an peserta,” pungkasnya.

Pada Career Expo tahun ini, Disnakertrans juga membuka ruang Career Corner, Career Motivation, dan Training Center atau pusat pelatihan yang akan disediakan oleh BLK ataupun LPSK. (adv.hmsbwi/ful)