Sambut HUT RI, Petugas Satpas SIM Dan Samsat Berpakaian Jadul

oleh -
Petugas Satpas melayani masyarakat dengan berpakaian jadul (jaman dulu). (Foto: arahjatim.com/mua)

Blitar, Arahjatim.com – Ada pemandangan berbeda di kantor Satpas Samsat Satlantas Polres Blitar. Kantor pengurusan STNK yang berada di Kelurahan/Kecamatan Wlingi ini mendadak berubah layaknya museum motor jadul.

Beberapa mobil dan motor lawas dipasang di sejumlah ruangan dan di beberapa titik yang ada di Satpas Samsat. Mulai dari Honda CB 100, Honda C70 hingga mobil Jeep Willys 4×4 tahun 1958 buatan Amerika terpampang di sana.

Kasatlantas Polres Blitar AKP Muhammad Amirul Hakim mengatakan, mobil dan motor jadul ini didapat dari kerjasamanya antara kepolisian dan masyarakat. Selain motor dan mobil lawas, para petugas juga diwajibkan menggunakan pakaian adat maupun pakaian jaman dulu.

“Ini kami lakukan untuk menyemarakkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 73. Diharapkan dengan berpakaian jadul seperti ini bisa menimbulkan semangat meneruskan Kemerdekaan,” kata Amirul, Selasa (14/8/2018).

Selain itu, petugas juga menyediakan sajian makanan tempo dulu yang konon dimakan oleh para pejuang untuk merebut kemerdekaan. Ada Kacang rebus, pisang rebus, jagung rebus dan umbi rebus.

Masyarakat yang membayar pajak kendaraan juga akan mendapatkan bendera dari petugas. Selain di kantor Samsat, di kantor Satpas SIM juga diberlakukan demikian.

“Kami sudah mulai sejak minggu (12/8/2018) kemarin. Diawali dengan memberikan SIM gratis kepada warga bernama Agus atau yang lahir di bulan Agustus. Kami akan lakukan sampai tanggal 18 (Agustus 2018) besok,” pungkasnya. (mua)