,

Respon Cepat Aduan Melalui ‘Halo Masbup’

oleh -

Kediri, ArahJatim.com – Tanggal 25 Maret 2021 lalu, bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Kediri Ke 1217, Mas Bupati Haninditho Himawan Pramana melaunching aplikasi “Halo Masbup”. Aplikasi ini merupakan gebrakan Mas Bup untuk menampung aduan dan bisa diakses seluruh masyarakat dengan mengunduhnya di Playstore pada HP android yang dimiliki.

Untuk prosedurnya, aduan yang masuk melalui aplikasi diverifikasi dan divalidasi untuk kemudian diteruskan kepada satker yang berwenang. SKPD akan menindaklanjuti laporan masyarakat dengan mengedepankan asas penyelesaian yang cepat, akurat dan tuntascepat, akurat dan tuntas.

Per tanggal 22 April 2021, tercatat 385 aduan terverifikasi, dengan rincian 69 aduan ditinjau satker, 41 aduan dalam proses eksekusi dan 275 aduan telah selesai ditindaklanjuti. Berbagai laporan disampaikan, dimana sebagian besar diantaranya mengenai kerusakan jalan, bansos, insentif guru, layanan administrasi kependudukan dan layanan publik di desa.

Aplikasi ini terbukti efektif dalam merespon dan menindaklanjuti aduan masyarakat. Salah satunya perbaikan jalan yang dilakukan Dinas PUPR di Desa Badas Kecamatan Badas, dimana jangka waktu antara pelaporan dan pengerjaaan hanya berselang dua hari. Kemudian pelepasan banner reklame yang ditancapkan di pohon-pohon di sekitar Desa Kunjang Kecamatan Ngancar. Pelepasan oleh Satpol PP ini dilakukan sehari setelah laporan disampaikan melalui aplikasi.

Apresiasi pun diberikan salah satu warga terhadap respon cepat yang diberikan.

“Mencoba aplikasi Halo Masbup, untuk saat ini bisa dibilang keren poll. Kemarin siang lapor, hari ini sudah ditindaklanjuti tim terkait yang turun ke lapangan,” ujarnya.

Hal senada disampaikan salah satu warga Kecamatan Badas atas tindak lanjut dari laporannya.

“Saya melaporkan adanya kerusakan jalan yang menyebabkan jatuhnya korban, banyak yang jatuh disitu. Saya tidak menduga perbaikan jalan dilakukan dua hari kemudian, bahkan selesai hari itu juga. Saya mengucapkan terima kasih atas kinerja dari Mas Bupati dengan aplikasi Halo Masbup ini,” katanya.

Dari aduan yang masuk setiap hari, terlihat masyarakat cukup antusias memanfaatkan aplikasi Halo Masbup. Sosialisasi penggunaan aplikasi ini pun gencar disampaikan melalui berbagai media, baik media cetak, online, elektronik dan media sosial. Begitu juga dengan informasi aplikasi dan tutorial penggunaan yang ditempatkan di kantor kecamatan, kantor desa dan puskesmas se-Kabupaten Kediri.

Keberadaan aplikasi ini merupakan bentuk komitmen Mas Bup Dhito dalam melayani masyarakat, sekaligus bentuk fasilitasi pemerintah daerah untuk mendukung partisipasi masyarakat dalam membantu meningkatkan pelayanan publik. (Kominfo)