Ratusan Aktivis Lingkungan Hijaukan Gunung Lemongan

oleh -

Lumajang, ArahJatim.com – Ratusan aktivis lingkungan dari berbagai organisasi, bersama Pemerintah Daerah dan Perhutani Lumajang menggelar penghijauan di Gunung Lemongan. Mereka sengaja menanam bibit pohon pada musim hujan dengan harapan meningkatkan angka harapan tumbuh.

Penghijauan oleh Forkompimda, Perhutani dan aktivis lingkungan di G. Lemongan Lumajang dilakukan dari petak 12 Perhutani Klakah. (Foto: rom/arahjatim.com)

Penghijauan dilaksanakan mulai dari hari Selasa (08/01/18) hingga enam bulan mendatang. Mereka menanam aneka bibit pohon, bambu dan buah-buahan. Target penanaman pohon tersebut seluas 25 hektar.

“Gerakan penghijauan ini untuk mengantisipasi bencana agar hutan yang ada disekitar kita tetap terjaga kelestariannya,” jelas Mukhlisin, Waka Adm. Perum Perhutani Lumajang.

Para peserta penghijauan mulai menanam dari petak 12 KPH Klakah, Kecamatan Randuagung.

Bibit pohon berupa bambu, pohon dan buah akan ditanam di Kawasan G. Lemongan hingga enam bulan mendatang. (Foto: rom/arahjatim.com)

”Harapan kami pohon yang kami tanam ini bisa mengurangi resiko bencana terutama tanah longsor dan saya berharap masyarakat setempat turut menjaga tanaman yang kami tanam hari ini,” kata Aak Abdullah Al-Kudus, aktivis lingkungan Laskar Hijau.

Kekompakan penghijauan dari lembaga pemerintah setempat (Forkompimda), Perhutani dengan aktivis lingkungan mulai dirintis sejak beberapa tahun terakhir, untuk kelestarian alam di Gunung Lemongan Lumajang. (rom)