Puluhan Pasangan Lansia Banyuwangi Menikah Gratis

oleh -
Peserta nikah massal di Banyuwangi merasa senang karena bisa melaksanakan nikah secara gratis. (Foto: ArahJatim.com/ful)
Banyuwangi, ArahJatim.com – Sebanyak 50 pasangan suami istri (Pasutri) mengikuti nikah masal gratis dan itsbat yang digelar di Kantor Balai Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi, jumat (29/3/2019). Dengan mengenakan busana atasan putih dan bawahan hitam, 50 pasangan yang kebanyakan sudah berumur diatas 50 tahun tersebut mengantri mengikuti prosesi nikah masal.
Kepala desa Sumberarum, Ali Nur Fatoni mengatakan pihaknya menyiapkan 5 hakim dari Pengadilan Agama (PA) Banyuwangi untuk prosesi sidang itsbat. Dalam prosesi sidang isbat, masing-masing mempelai didampingi dua orang yang dulunya menjadi saksi ketika nikah siri. Oleh Hakim, para saksi diminta memberikan keterangan perihal pernikahan siri yang pernah dilakukan oleh masing-masing pasangan.
Baca Juga :
“Ada 5 hakim dari PA yang kami datangkan untuk nikah isbat ini. Masing-masing pasangan didampingi dua orang saksi”, ujar Toni.
Sementara itu, Kasiran 60 tahun pasangan pengantin mengatakan, saat menikahi istrinya, Aisyah 50 tahun, dulunya dilakukan secara siri tidak memiliki surat nikah. Kakek yang sudah memiliki empat cucu tersebut beralasan mengikuti nikah massal karena mengalami kesulitan mengurus keperluan saat mau mendaftar Umroh.
“Alasannya ya karena pernah waktu itu kesulitan mau umroh gak punya buku nikah ya ikut nikah masal ini. Alhamdulillah langsung dapat surat nikah,” ucap Kasiran yang sudah memiliki 4 cucu dengan senyum sumringah.
Kepala Desa Sumberarum juga menambahkan, nikah isbat dilaksanakan secara terpadu, bekerja sama dengan PCNU, Dispendukcapil, Pengadilan Agama, dan Kementerian Agama Banyuwangi. Sehingga setelah menjalani sidang nikah isbat, mereka yang sudah menikah secara hukum bisa langsung mendapatkan buku nikah. (ful)