Pasien Positif Corona di Banyuwangi Bertambah Jadi 10 Orang

oleh -

Banyuwangi, ArahJatim.com – Pasien positif terinfeksi virus corona (Covid-19) di Banyuwangi hari ini, Jumat (5/6/2020), bertambah satu orang lagi sehingga menjadi sepuluh orang. Hal itu diungkapkan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Banyuwangi, dr Widji Lestariono.

“Kami sudah menerima hasilnya dari Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Surabaya tadi sore. Terkonfirmasi satu pasien positif asal Banyuwangi. Dan sudah diumumkan langsung oleh Pemprov Jatim,” kata Rio, panggilan akrab Widji Lestariono, Jumat (5/6/2020).

Total saat ini sudah ada 10 pasien positif di Banyuwangi, di mana tiga di antaranya sembuh dan satu lainnya meninggal. Adapun yang dalam perawatan enam orang.

Baca juga: Ormas Islam Banyuwangi Dukung Penerapan New Normal Hadapi Covid-19.

Rio mengungkapkan, pasien nomor 10 berjenis kelamin perempuan ini sebelumnya melakukan rapid test mandiri, dan diketahui hasilnya reaktif. Atas dasar tersebut, RSUD Blambangan langsung melakukan tes swab kepada yang bersangkutan.

“Sudah prosedur, bagi warga yang di Banyuwangi yang hasil rapid testnya reaktif, segera kami lakukan tes swab. Seperti pada Pasien-10 tersebut, saat rapid test mandiri hasilnya reaktif, langsung kami ambil swab juga untuk diteliti,” jelas Rio.

Rio menambahkan, kondisi Pasien-10 saat ini secara klinis baik, sehingga yang bersangkutan bisa dikatakan sebagai OTG (orang tanpa gejala).

“Meski begitu, kami isolasi pasien di RSUD Blambangan. Kemudian akan terus dilakukan treatment, dan dalam waktu dekat kita uji swab lagi,” kata Rio.

Baca juga: Banyuwangi Kini Punya 6 RS Rujukan Covid-19.

Rio kembali mengingatkan warga agar terus mematuhi protokol kesehatan sebagaimana telah dianjurkan oleh pemerintah.

“Pakai masker kalau keluar rumah, dan jauhi kerumunan. Bila tahu ada pendatang atau tamu dari luar kota, wajib karantina mandiri dulu selama 14 hari,” pungkas Rio. (ful)