Napi Lapas Pamekasan Bersuka Cita Sambut Panen Raya Padi

oleh -

Pamekasan, ArahJatim.com – Warga binaan Lapas kelas IIA Pamekasan melaksanakan panen raya padi di lahan pertanian, area asimiliasi, belakang Lapas. Panen raya padi diikuti para narapidana asimilasi dan petugas Lapas, Kamis (8/4/2021).

Kegiatan ini disambut suka cita para napi asimilasi dan para petugas Lapas. Hal ini menunjukkan keberhasilan pembinaan para napi asimilasi dan sebagai penawar rasa lelah yang telah mereka rasakan selama berbulan-bulan dalam merawat tanaman padi. Para napi merasakan hasil jerih payahnya tidak sia-sia.

Kalapas IIA Pamekasan, Moh. Hanafi menyambut baik acara panen raya padi ini.

“Ini merupakan hasil kerja keras dari para narapidana. Mereka ikut berkontribusi membantu pemerintah dalam bidang ketahanan pangan,” ujarnya.

Sebetulnya, lanjut Hanafi, pihaknya sudah mempunyai program ketahanan pangan. Termasuk mencetak sawah baru di belakang Lapas agar dapat melaksanakan panen raya padi setiap tahun. Selain itu, pihaknya juga membangun berbagai sarana dan prasarana asimilasi.

“Walaupun hasil bertani narapidana masih terbilang sedikit, tapi masih ada potensi untuk ditingkatkan dengan intensifikasi dan pengawalan pelatihan. Kami mempunyai kewajiban mengawal pelaksanaan tempat asimilasi petanian dan sekaligus pendampingan narapidana asimilasi untuk bercocok tanam di bidang pertanian. Sehingga dapat memberi solusi apapun yang menjadi permasalahan atau kendala di lapangan,” imbuh Hanafi. (ndra)