Mengaku Bisa Beri Pinjaman Miliaran Rupiah, Begini Triknya Sang Penipu

oleh -
Andi yanto (37) warga Desa Selowogo, Kecamatan Bungatan, Situbondo menjalani pemeriksaan di Polres Lumajang, Kamis (02/08/2018). (Foto: ArahJatim.com/rokhmad)

Lumajang, ArahJatim.com – Modus menawarkan proyek pinjaman, Andiyanto, seorang warga Situbondo menipu korbannya  dengan melarikan uang puluhan juta rupiah. Pelaku akhirnya dibekuk petugas Polres Lumajang pada Kamis (2/8/2018).

Andiyanto (37) warga Desa Selowogo, Kecamatan Bungatan, Situbondo tak berkutik digelandang tim Resmob Polres Lumajang. Lelaki ini melakukan penipuan pada proyek dana pinjaman fiktif.

Modusnya, pelaku bersama pelaku lain yang masih buron menawarkan proyek pinjaman modal usaha hingga lima miliar rupiah dengan bunga kecil dari lembaga PMDN (pinjaman modal dalam negeri) yang ternyata lembaga fiktif.

Sebagai salah satu persyaratan pinjaman korban harus memiliki izin usaha CV. Saat pembuatan izin CV inilah pelaku meminta sejumlah uang 30 juta rupiah.

“Saya bilang aja kalau bisa pinjam banyak dengan bunga kecil mas, tapi saya minta uangnya pada saat saya mengurus cv nya”, ungkap Andiyanto saat ditanya ArahJatim.com.

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan bahwa ide penipuan yang dilakukannya selama setahun ini ia pelajari dari internet.

“Idenya itu saya browsing di internet mas,” tambahnya.

Dari hasil penangkapan, polisi menyita sejumlah barang bukti milik tersangka yang dibeli dari hasil penipuannya, berupa satu unit mobil, berkas-berkas, laptop dan printer. Dari pendataan sementara dari Polres Lumajang, sedikitnya sudah ada enam korban. (rokhmad)