Maju Dalam Pilkada Blitar, Ini Alasan Rini !

oleh -

Blitar,ArahJatim.com – Peta politik di Kabupaten Blitar jelang Pemilihan Bupati (Pilbup) 2020 mulai memanas. Salah-satunya Rini Syarifah, warga Jalan Dewi Sartika Kota Blitar. Perempuan yang biasa disapa Mak Rini. Perempuan berlatar belakang pengusaha ini maju dalam Pilkada di Kabupaten Blitar. Ia maju lantaran ada dorongan dari gurunya, dan juga atas permintaan masyarakat.

“Jadi saya maju atas permintaan dari masyarakat dan juga atas perintah guru spiritual saya. Saya hanya Sami’na wa atho’na terhadap intruksi guru saya,” ujar Rini Syarifah yang biasa dipanggil Mak Rini di kediamannya, Rabu (29/7/2020).

Rini Syarifah mungkin satu-satunya Srikandi yang berani maju dalam kontestasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Blitar. Karena dalam satu dekade terakhir belum ada satupun perempuan yang berani maju dalam pilkada di Kabupaten Blitar.

Secara personal Rini telah menjalin komunikasi yang baik dengan tokoh-tokoh yang ada di partai politik. Hanya saja secara kelembagaan memang belum dilakukan. Selain itu ia juga sering sowan kepada tokoh agama dan Kyai di Kabupaten Blitar untuk meminta doa dan restu.

Kondisi ini akan menjadi menarik, karena jika Mak Rini dipinang oleh partai politik untuk dicalonkan, maka demokrasi di Kabupaten Blitar akan hidup kembali karena tidak terjadi bumbung kosong seperti pemilihan sebelumnya.

“Banyak potensi yang bisa digali dan perlu dimaksimalkan. Tentu saya mempunyai cara sendiri untuk menggalinya. Meningkatan ekonomi masyarakat, serta memberdayakan perempuan dan anak agar menjadi lebih sejahtera adalah satu di antara tekad saya,” pungkasnya. (mua)