Hebat, Aksi Heroik Dua Polisi Ini Pantas Mendapat Ganjaran

oleh -
Polres Blitar memberikan penghargaan kepada Bripka Gaguk Sugiarto dan Bripka Tri Suryoko atas aksi heroiknya membantu proses persalinan seorang ibu dengan gangguan jiwa di wilayah Hutan Kembangan Kelurahan Kembangarum Kecamatan Sutojayan. (Foto: arahjatim.com/mua)

Blitar, ArahJatim.com – Polres Blitar memberikan penghargaan kepada dua anggotanya, yaitu Bripka Gaguk Sugiarto dan Bripka Tri Suryoko, Senin (2/4/18).

Keduanya diberi penghargaan setelah melakukan aksi heroik, yakni membantu proses persalinan kepada seorang ibu dengan gangguan jiwa, yang  melahirkan di wilayah Hutan Kembangan Kelurahan Kembangarum Kecamatan Sutojayan, 1 April yang lalu.

Kapolres Blitar AKBP Anisullah M. Ridha mengatakan, penghargaan tersebut diberikan untuk mengapresiasi kesigapan kedua anggota tersebut dalam menolong masyarakat yang sedang dalam keadaan terdesak.

“Apa yang dilakukan Bripka Gaguk dan Bripka Tri akan menjadi kebanggaan Polres Blitar, dan semoga menjadi contoh bagi anggota lainnya,” ungkap Anisullah usai menyerahkan langsung penghargaan.

Lebih lanjut ia menjelaskan, sebenarnya sudah menjadi tugas dan tanggung jawab anggota Polri untuk melayani dan melindungi masyarakat. Namun dengan pemberian penghargaan itu ia berharap  apa yang dilakukan kedua anggota itu bisa menjadi contoh untuk anggota polisi yang lainnya agar lebih sensitif dan cepat tanggap terhadap kondisi lingkungan.

“Saya berharap kedepan bisa  semakin  memacu anggota Polri yang lain agar memiliki sensitifitas dan respon yang cepat terhadap lingkunganya. Karena setiap anggota Polri memiliki tugas moral yang harus diemban,” tegasnya.

Usai menerima penghargaan Bripka Gaguk Sugiarto dan Bripka Tri Suryoko mengungkapkan jika apa ia lakukan adalah  bagian dari tugasnya sebagai polisi untuk mengayomi masyarakat. Terlebih ia merasa iba melihat ibu yang sedang berjuang melahirkan buah hatinya seorang diri.

“Bagi kami tugas melayani masyarakat merupakan suatu kewajiban. Terlebih jika ada yang membutuhkan bantuan. Penghargaan ini akan kami jadikan motivasi ke depan,” ungkap Bripka Gaguk.

Seperti diketahui, bahwa kedua anggota Bhabinkamtibmas Polsek Lotim, yakni Bripka Gaguk Sugiarto dan Bripka Tri Suryoko, pada Minggu dini hari melakukan aksi heroik dengan membantu proses persalinan wanita berinisial SR (25) warga Desa Tumpang Kecamatan Talun Kabupaten Blitar. Meski hanya bermodalkan senter, kedua anggota Polisi tersebut, mampu menyelamatkan sang jabang bayi dan ibunya. (mua)