DPRD Banyuwangi Gelar Halalbihalal Idul Fitri 1440 Hijriah

by -
Usai menyimak tausiyah yang dibawakan oleh KH. Ali Makki Zaini, seluruh hadirin saling berjabat tangan sebagai tanda saling memaafkan. (Foto: arahjatim.com/ful)

Banyuwangi, ArahJatim.com – Dalam rangka sambung silaturahmi serta menjaga tradisi saling memaafkan dalam momen hari raya Idul Fitri, DPRD Kabupaten menggelar acara halalbihalal bertempat di Teras Gedung DPRD yang tampak asri dengan hijaunya taman, Rabu (12/6/2019). Acara ini rutin dilakukan setiap tahun untuk saling bermaafan dan membuka lembaran baru setelah sebulan menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Hadir dalam kesempatan yang penuh kekeluargaan tersebut, Ketua DPRD, I Made Cahyana Negara, SE, Wakil Ketua DPRD, H.M. Joni Subagio, MH, Ruliono, SH dan Hj. Yusieni, serta seluruh anggota dewan. Hadir pula Sekretaris DPRD, Suprayogi, SH.MM beserta jajarannya.

Baca juga:

Ketua DPRD, I Made Cahyana Negara dalam sambutannya mengatakan, ajang silaturahmi dan saling memaafkan pada perayaan hari raya Idul Fitri 1440 H, merupakan hal yang sangat indah. Ini adalah momentum untuk membangun kebersamaan.

“Saya selaku pribadi maupun lembaga mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1440 H. Minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin,” ucap Made Cahyana di hadapan undangan halalbihalal.

Made Cahyana juga mengingatkan bahwa tradisi silaturahmi dalam perayaan Idul Fitri menjadi salah satu tiang ukhuwah kebangsaan karena di dalamnya terdapat dialog yang harmonis di antara sesama dengan latar belakang kebhinekaan yang beragam.

Ketua DPRD, I Made Cahyana Negara dalam sambutannya mengatakan, ajang silaturahmi dan saling memaafkan ini merupakan hal yang sangat indah sebagai momentum untuk membangun kebersamaan. (Foto: arahjatim.com/ful)

Sementara KH. Ali Makki Zaini dalam tausiyahnya mengatakan, Idul Fitri adalah kembali ke kesucian. Karena dalam menjalani kehidupan sosial selama satu tahun yang lalu, pasti ada perilaku yang menimbulkan kebencian dalam diri orang lain.

“Di hari raya Idul Fitri ini, kita hendaknya menaruh ruang di dalam perasaan hati ini dalam memberi dan menerima. Dan yang paling utama adalah memberi maaf dan memberi kesempatan kepada orang untuk meminta maaf kepada kita, itulah sesungguhnya fungsi rutinitas Idul Fitri,” ucap Ketua PCNU Banyuwangi itu.

Usai tausiyah KH. Ali Makki Zaini, acara halalbihalal dilanjutkan dengan saling berjabat tangan antara pimpinan DPRD bersama anggota dewan, jajaran Sekretariat DPRD, serta insan media yang biasa meliput kegiatan di gedung wakil rakyat. (ful)