Dirikan Pos Covid 19, Polisi Kediri Sterilkan Warga Pendatang Masuk Kediri

oleh -

Kediri, ArahJatim.com – Bertujuan memutus rantai penyebaran Covid 19, Polres Kediri membentuk Pos Covid 19 di tapal batas masuk wilayah Kabupaten Kediri. Polisi menyiapkan tim medis untuk memeriksa warga luar, masuk wilayah Kabupaten Kediri.

Kasat Lantas AKP. Hendrix K. Wardhana mengatakan pembuatan pos corona ini berdasar petunjuk dari Kapolres Kediri Kabupaten AKBP Lukman Cahyono, dimana dalam pos covid akan diberlakukan prosedur keamanan dan keselamatan mengatasi penyebaran virus corona.

Setiap mobil angkutan dan bus maupun truk beserta penumpang dan barang di sterilisasi, pemeriksaan identitas penumpang dan barang, kemudian pemeriksaan kondisi kesehatan penumpang, melalui tes suhu tubuh dan sterilisasi penumpang dengan cairan disinfektan khusus yang tidak berbahaya bagi kulit manusia.

Pos covid 19 ditempatkan di pintu masuk wilayah Kabupaten Kediri, yaitu di Terminal Pare Kabupaten Kediri, demi memutus rantai penyebaran Corona.

“Ini merupakan petunjuk dari Kapolres, dan kami anggota Satlantas Polres Kediri telah menetapkan sejumlah pos covid 19 di titik perbatasan masuk wilayah Kabupaten Kediri, sementara di Terminal Pare, Kabupaten Kediri, lengkap dengan tim medis dan tim sterilisasi disinfektan yang tidak berbahaya bagi kulit manusia,” jelas AKP Hendrix. Kamis (2/4/2020)

Sejumlah penumpang yang akan pulang ke kampung halamannya di Blitar, lewat Pare tetap diperiksa dan disterilisasi, diperiksa kesehatan, disterilisasi baik mobil maupun tubuh penumpang menggunakan cairan disinfektan yang tidak berbahaya bagi kulit manusia.

“Saya bersyukur, ada pemeriksaan seperti ini, meskipun saya hanya melintas di Pare, namun diperiksa kesehatan dan sterilisasi diri dan mobil, alhamdulillah kami menjaga diri dan kesehatan apalagi diberi hand sanitizer gratis oleh polisi,” jelas Rohim salah seorang penumpang.

Kapolres Kediri AKBP Lukman Cahyono membenarkan perihal adanya pos covid 19 di Terminal Pare, selain sebagai pos pantau dan monitoring pendatang dari luar, nantinya diharapkan pos ini akan berada disejumlah titik masuk wilayah hukum Polres Kediri, demi memutus penyebaran Covid 19.

“Semoga dengan bersama mematuhi imbauan pemerintah agar tetap dirumah dan menjaga kebersihan dan hidup sehat, kita dapat menjaga dan memutus rantai penyebaran Covid 19, kepolisian akan ikut membantu dengan cara pos covid 19 ini,” pungkas Lukman.(das)