Dapat Beasiswa PIP, Wali Murid Sesalkan Suryo Alam Tidak Maju Pilbup

oleh -
HM Suryo Alam, anggota DPR RI komisi X secara simbolis menyerahkan beasiswa kepada wali murid di SMPN 1 Bagor, Nganjuk. (Foto: arahjatim.com/kmd)

Nganjuk, ArahJatim.com – Sejak pagi SMPN 1 Bagor, Nganjuk, ramai didatangi ratusan wali murid, kedatangan wali murid ke sekolah untuk mengantre mendapatkan pencairan beasiswa Program Indonesia Pintar jalur aspirasi yang dibawa anggota DPR RI komisi X HM Suryo Alam. Total ada 561 siswa di SMPN 1 Bagor, Nganjuk yang mendapatkan bantuan beasiswa dengan nominal 750 ribu rupiah.

“Total di sekolah kami menerima 561 beasiswa yang dibawa pak Suryo Alam,” ungkap Suhardi Kepala Sekolah SMPN 1 Bagor.

Pemberian beasiswa diakomodir oleh relawan Bolo Suryo yang dilakukan pada akhir tahun 2017.

”Hari ini Bank BRI langsung mencairkan sebagian beasiswa di hadapan wali murid,” sambung Suhardi.

HM Suryo Alam yang datang meninjau proses pencairan beasiswa juga memberikan apresiasi kepada pihak sekolah, karena telah melakukan langkah benar melakukan pencairan. Menurutnya dengan memberikan langsung kepada wali murid, wali murid menjadi tahu bahwa ada bantuan beasiswa yang mengucur kepada mereka. Karena di beberapa tempat, Suryo Alam menemukan proses pencairan yang tidak tepat, seperti pencairan KIP di Petung Ulung, Kecamatan Sawahan Nganjuk. Setelah mendapat keluhan warga, Suryo Alam memerintahkan kepada timnya untuk menelusuri. Dan ternyata benar, pencairan Kartu Indonesia Pintar tidak diserahkan kepada masyarakat yang berhak namun dimobilisasi pihak sekolahan.

Pasca-penelusuran, pihak sekolah langsung mencairkan KIP tersebut kepada masyarakat.

”Setelah tim bergerak, mereka jadi takut, dan langsung mencairkan,” cerita Suryo Alam kepada ratusan wali murid.

Proses pencairan yang dilakukan di SMPN 1 Bagor ini, lanjut Suryo dinilai sangat efektif dan tepat sasaran, semoga cara seperti ini bisa ditiru oleh sekolah lain yang mendapatkan beasiswa serupa.