Cegah Stunting, Pemkab Kediri Gelar Penyajian Cup Dawet Dari Lele Dan Pecahkan Rekor Dunia

oleh -

Kediri, ArahJatim.com – Guna Mencegah Stunting, Pemkab Kediri Menggelar Kampanye Gemar Makan Ikan, Untuk Anak-anak Tk Dan Juga Orang-tuanya. Tercatat Ada Tiga Ribu Lebih Cup Dawet Dari Olahan Ikan Lele Yang Disajikan Acara Tersebut Masuk Rekor Muri, Bahkan Juga Masuk Rekor Dunia.

Mencegah stunting atau gagalnya pertumbuhan pada anak pemerintah kabupaten kediri menggelar kampanye gemar makan ikan, pasalnya kabupaten kediri penghasil beberapa jenis ikan seperti ikan lele dan ikan hias.

Dalam sambutannya Bupati Kediri Haryanti menyebut produksi beberapa jenis ikan sangat bagus. Sebut saja patin, lele, dan gurame.

“Apalagi, ikan harganya lebih murah ketimbang daging sapi atau ayam. Juga mengandung protein hewani yang bagus untuk pencegahan stunting,” ungkapnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Kediri tersebut berharap rekor ini dapat menjadi kebanggaan dan menginspirasi peningkatan konsumsi ikan.

“Karena ikan meningkatkan kecerdasan kemampuan berpikir anak, serta menjamin gizi keluarga,” pungkasnya.

Dalam acara ini, Pemkab Kediri juga menyajikan tiga ribu lebih cup dawet dari olahan ikan lele, tak pelak acara tersebut, masuk dalam Rekor Museum Indonesia (Muri). Bahkan penyajian ribuan cup dawet dari olahan ikan lele juga memecahkan rekor dunia.

Petugas dari museum rekor indonesia langsung menghitung cup-cup dawet hasil olahan lele, yang disiapkan oleh panitia, dari hasil penghitungan petugas muri tercatat 3505 cup dawet lele dan masuk rekor dunia.

Ariani Siregar Senior Manager Muri Setelah Kita Hitung Ternyata Ada 3505 Cup Dawet Lele, Ini Masuk Rekor Muri Dan Juga Masuk Rekor Dunia.

Sementara Istri Wakil Gubernur Jawa Timur Arumi Bachsin mengatakan pihaknya sangat mendukung kampanye gemar makan ikan,  sebagai salah-satu cara untuk mencegah stunting, karena di jawa timur animo masyarakat untuk mengkonsumsi ikan masih rendah.

Usai acara para peserta siswa taman kanak-kanak, guru dan orang-tuanya langsung mengambil cup dawet hasil olahan lele, peserta sangat senang dengan adanya acara pemecahan rekor muri ini, dan berharap dengan acara ini masyarakat lebih mengerti, dan mempersiapkan makanan bergizi untuk anak-anak nya agar pertumbuhan anak tidak terganggu.

“Saya Berharap Agar Para Orang Tua Lebih Mengerti Dan Mempersiapkan Makanan Bergizi Untuk Pertumbuhan Anaknya”. ujar Ila Sariatun Nikmah guru TK

Di Jawa Timur Sendiri, Konsumsi Ikan Hanya 36 Kilogram Perorangan Selama Setahun. Dan Di Kabupaten Kediri Hanya Separonya 18 Kilogram Perorang Selama Setahun.(das)