Bupati Blitar Hadiri Bimtek BLUD di RSUD Srengat

oleh -
Bupati Blitar Rini Syarifah dan Penjabat Sekretaris Daerah, Mujianto saat menghadiri kegiatan Bimtek BLUD di RSUD Srengat, Blitar. (Foto: arahjatim.com/mua)

Blitar, ArahJatim.com – Bupati Blitar Rini Syarifah membuka kegiatan bimbingan teknis dan paparan tentang kesiapan BLUD yang bertempat di Aula RSUD Srengat, Senin (12/4/2021).

Adapun BLUD (Badan Layanan Umum Daerah) adalah sistem yang diterapkan oleh satuan kerja Perangkat Daerah atau unit kerja pada satuan kerja Perangkat Daerah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang mempunyai fleksibilitas dalam pola pengelolaan keuangan.

Bupati Blitar Rini Syarifah mengatakan, bahwa BLUD merupakan wujud keleluasaan dalam pola pengelolaan keuangan dengan menerapkan praktek bisnis yang sehat. Hal ini untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat tanpa mencari keuntungan.

“Praktek bisnis yang sehat adalah penyelenggaraan fungsi organisasi berdasarkan kaidah-kaidah manajemen yang baik dalam rangka pemberian layanan yang bermutu,” terangnya.

Bupati Blitar menyebutkan bahwa suatu kewajiban negara untuk hadir memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Hal ini selaras dengan Panca Bhakti yang kedua yakni Kesehatan, Pemberdayaan Masyarakat, serta Perlindungan Ibu dan Anak.

Rini berharap kualitas kesehatan masyarakat dapat meningkat. Selain itu, Rini juga meninjau kondisi bangunan RSUD Srengat.

Sementara itu, Penjabat Sekretaris Daerah, Mujianto selaku ketua tim menambahkan, kegiatan bimtek ini menghadirkan dua narasumber dari Kediri yaitu Bapak Anton dan Bapak Ahsin Usman. Mujianto mengibaratkan RSUD Srengat sebagai tubuh yang telah siap raganya sehingga kegiatan ini merupakan upaya untuk mengisi rohnya.

“Kami berharap hal ini untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan peningkatan layanan kesehatan,” tandasnya. (mua)