BST Tersalurkan Bagi Warga Kabupaten Kediri

oleh -

Kediri, ArahJatim.com – Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap III dari Kementerian Sosial RI mulai disalurkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di wilayah Kabupaten Kediri. Penyaluran tersebut diawali pada hari Senin kemarin untuk wilayah Kecamatan Mojo dan Semen.

Sementara pada hari Selasa (7/7/20) penyaluran dana BST tersebut dilaksanakan di lima kecamatan yaitu Kecamatan Grogol, Banyakan, Tarokan, Gampengrejo dan Ngasem.

Jumlah penerima dana BST di lima kecamatan tersebut sebanyak 6.335 PKM termasuk penyandang disabilitas. Diprediksi penyaluran BST tahap III di seluruh kecamatan di wilayah Kabupaten Kediri ini akan selesai selama satu minggu.

Plt. Kepala Dinsos Suharsono mengatakan, BST tahap III ini merupakan tahap terakhir dan diharapkan bisa bermanfaat bagi penerima selama pandemi Covid-19.

“Penyaluran dana BST tersebut harus tetap menerapkan protokol kesehatan. Bagi warga yang mengambil BST di balai desa harus mengenakan masker dan selalu menjaga jarak,” kata Suharsono saat meninjau langsung penyaluran BST di Desa Gogorante Kecamatan Ngasem.

“Penyalurannya sendiri secara bertahap dilaksanakan di balai desa yang sudah ditunjuk. Untuk waktunya pun bergantian, misalnya di Desa Gogorante ini menjadi lokasi pengambilan BST bagi warga di lima Desa yaitu Gogorante, Doko, Paron, Sumberejo dan Tugurejo. Untuk itu waktunya kita beri selisih satu jam dan bagi yang sudah mengambil bisa langsung pulang,” jelasnya.

Salah seorang penerima BST tahap terakhir ini adalah Galih Surya Hutama, seorang penyandang disabilitas, warga Desa Tugurejo Kecamatan Ngasem. Ia mengaku sangat senang mendapatkan bantuan tersebut dan akan digunakan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

“Semoga pandemi ini segera berakhir dan kehidupan kembali normal,” harap pemuda yang memiliki hobi mengoperasikan komputer ini. (Kominfo)