372 Pelari Dari 24 Negara Ikuti “Ijen Trail Running”

oleh -
Peserta “Ijen Trail Running” melintasi salah satau spot track yang indah, yakni di Kawah Wurung, Gunung Ijen, Bondowoso (30/09/2018). (Foto: arahjatim.com/nurs)

Bondowoso, ArahJatim.com – Ajang “Ijen Trail Running” kembali digelar di Kecamatan Sempol, Bondowoso Jawa Timur pada Jumat dan Sabtu (29-30/9/2018). Tahun 2018, ajang internasional ini adalah penyelenggaraan yang keempat kalinya.

Pada helatan kali ini, setidaknya ada 372 peserta dari 24 negara.

“Peserta mancanegara semakin bertambah dari tahun sebelumnya. Dan inilah sesungguhnya target kami, dimana kami data peserta datang dari berbagai belahan dunia mulai dari Asia, Australia, Eropa dan Amerika”, kata Wahyu Firmansyah, Panitia Pelaksana lokal dari Egons Trails Indonesia.

“Disamping itu, target kami adalah menawarkan kemolekan wisata Indonesia, khususnya Gunung Ijen di Bondowoso”, tambahnya.

Peserta dibagi menjadi empat kategori, sesuai jarak tempuh. Ada kategori 21 Kilometer, 42 Kilometer, dan untuk peserta profesional kategori 70 Kilometer, dan 100 Kilometer. Semua kategori start dan finish di lapangan Desa Sempol Kecamatan Ijen, Bondowoso.

Rute berada pada zona pemandangan yang menakjubkan dari kawah Ijen. Zona vulkanik terdiri dari kerucut pascakaldera membentuk zona E-W trending di sisi selatan kaldera. Pemandangan memukau hijau perkebunan kopi meliputi sebagian besar lantai kaldera, air terjun, kolam air panas, dan atmosfer vulkanik yang luar biasa.

Pemandangan pagi yang menakjubkan ini disuguhkan oleh matahari terbit diterangi oleh kilau danau kembar dari kawah Ijen.

“Ini pengalaman luar biasa, sungguh tidak menyesal mengikuti kegiatan “Ijen Trail Running” di Bondowoso ini”, kata Dewi, peserta asal Bali.

Hal senada juga diungkapkan oleh Carrie Stander, peserta asal Kanada.

“Luar biasa, beruntung saya tidak melewatkan kegiatan ini, dan siap kembali ikut di tahun mendatang”, ungkap peraih nomor satu lintasan 70K tersebut.

Kegiatan tersebut resmi dibuka oleh Bupati Bondowoso, Salwa Arifin pada Jumat malam (29/9/2018). Sejumlah penampilan seni tradisi daerah Bondowoso juga menghibur para peserta yang datang. Diantaranya seni tari “Singo Ijen” yang dipersembahkan oleh para seniman di Desa Sempol Kecamatan Ijen, Bondowoso. (nurs)