Yuk, Ikuti Hackathon Pacu UMKM-Wisata Banyuwangi Berhadiah Puluhan Juta

oleh -
Chief Technology Office Warung Pintar Sofian Hadiwijaya mengatakan, untuk mengenalkan acara tersebut, telah digelar Road to Hackathon Pintar 1.0. (Jumat, 1/3/2019) (Foto: ArahJatim.com/ful)

Banyuwangi, ArahJatim.com – Pemkab Banyuwangi menggandeng start up teknologi ritel mikro yaitu Warung Pintar, untuk menggelar ajang Hackathon Pintar 1.0, 29-30 Maret mendatang. Ajang kompetisi ini bertujuan menggali ide untuk memacu kinerja UMKM dan pariwisata.

Chief Technology Office Warung Pintar Sofian Hadiwijaya mengatakan, untuk mengenalkan acara tersebut, telah digelar Road to Hackathon Pintar 1.0, Jumat (1/3), yang mendapat respons tinggi dari kaum muda Banyuwangi dan sekitarnya.

Road to Hackathon Pintar 1.0 memperkenalkan mekanisme kompetisi, cerita inspirasi tim teknologi Warung Pintar, membahas tantangan UMKM dan pariwisata serta solusinya. Acara dihadiri BRI sebagai bank yang membuka akses data API (Application Program Interface) untuk start up yang ingin berinteraksi dengan pelanggan BRI.

“Kami mengajak anak muda se-Indonesia untuk membawa perubahan dengan bersama-sama mencari solusi bagi permasalahan UMKM dan pariwisata di Banyuwangi,” kata Sofian di Banyuwangi, Sabtu (2/3).

Hackathon sendiri adalah ajang “pekan retas” pengembangan ide teknologi untuk tujuan tertentu. Di Banyuwangi, ditujukan untuk pengembangan wisata dan UMKM. Di acara itu, semua stakeholder pengembangan perangkat lunak dan perangkat keras berkolaborasi, mulai pemogram komputer, desainer grafis, hingga desainer antarmuka, untuk menciptakan proyek yang bermanfaat bagi UMKM dan wisata Banyuwangi.