Sambut Pilkada Sumenep, Polres Pamekasan Gelar Latihan Dalmas

oleh -

Pamekasan, ArahJatim.com – Dalam rangka meningkatkan kemampuan anggota Dalmas Polres Pamekasan, menjelang pilkada serentak Kabupaten Sumenep tahun 2020, personel Polres Pamekasan melaksanakan serangkaian latihan dalam menghadapi dan menghalang massa pengunjuk rasa yang bertindak anarkis.

Latihan Dalmas dan alarm stelling dilaksanakan di lapangan apel eks. Polwil Madura, Jl. Nyalaran Kabupaten Pamekasan. Rabu (9/9/2020).

Kapolres Pamekasan AKBP Apip Ginanjar bersama para PJU Polres Pamekasan ikut memimpin latihan tersebut serta ikut menguji kesigapan dan kesiapan para personel Dalmas.

Kapolres Pamekasan AKBP Apip Ginanjar melalui Kasubbaghumas Polres Pamekasan, AKP Nining Dyah PS, mengatakan, terdapat beberapa tahapan dalam pengendalian massa. Mulai dari tindakan preventif hingga tindakan pembubaran massa.

“Dalam mengendalikan massa terdapat beberapa tahapan, mulai dari tindakan preventif dengan menurunkan tim negosiator, hingga menggunakan peralatan pemecah massa seperti gas air mata dan water canon yang harus sesuai dengan Standard Operational Procedure (SOP),” ujar Kapolres.

Pelatihan pengendalian massa meliputi cara menggunakan peralatan sampai cara menghadapi masa. Pelatihan ini bertujuan untuk melatih fisik, kesiapan dan kesigapan anggota dalam menghadapi unjuk rasa yang sesungguhnya.

“Pelatihan pengendalian massa dimulai dari Dalmas mulai dari cara menggunakan peralatan sampai cara menghadapi masa. Pelatihan ini bertujuan untuk melatih fisik, kesiapan dan kesigapan anggota pada saat menghadapi unjuk rasa yang sebenarnya di lapangan,” tegas AKBP Apip.

Kasubaghumas, Nining Dyah PS menambahkan, “Latihan ini untuk mengingat kembali gerakan maupun formasi Dalmas, dalam persiapan pengamanan massa dan mengantisipasi gangguan Kamtibmas, dalam rangka menghadapi kontijensi Pilkada Sumenep tahun 2020 agar terlaksana dengan aman, tertib dan lancar,” imbuhnya. (ndra)