Program Jum’at Ngopi Ngabuburit, Mas Bup Disambati Kepala Desa Balong Jeruk

oleh -

Kediri, ArahJatim.com – Program Jum’at Ngopi (Ngobrol Persoalan dan Solusi) edisi Ngabuburit  di bulan suci Ramadhan tahun 2021, bersama Mas Bup Dhito dan Mbak Wabup Dewi yang  digelar Pendopo Panjalu Jayati Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Jum’at (16/4/2021) sore.

Seperti agenda sebelum – sebelumnya, Jumat Ngopi baareng dibagi dalam tiga sesi dengan masing-masing sesi hanya diikuti 25 orang peserta, karena masih dalam kondisi Pandemi Covid- 19.

Bupati dan Wakil Bupati mendengarkan keluhan dan menampung aspirasi masyarakat Kabupaten Kediri untuk dicarikan solusi.

Dengan mengusung tema, Bidang Pengembangan Umkm, Bidang Pemberdayaan Ekonomi Kreatif, Bidang Pendaftaran Merek Dagang dan Bidang Pelatihan Kelompok Masyarakat.

Iman Syafii salah satu yang datang di Program Jum’at Ngopi yang juga sebagai Kepala Desa Balong Jeruk Kecamatan Kunjang Salah-satu peserta yang juga merupakan kepala, mengusulkan kepada Bupati Kediri hanindhito Himawan Pramana (Mas Bup) agar pasar di Desanya bisa dikembangkan. Pasalnya saat ini pasar sudah penuh sementara masih banyak warga yang ingin berjualan di pasar tradisional tersebut.

Pasar Balon Jeruk saat ini sudah terisi 180 lapak pedagang. Dan pasar tradisional tersebut merupakan tumpuan dan harapan warga dalam menggerakkan roda ekonomi. Kami berharap agar Mas Bup nantinya bisa mengembangkan pasar tradisional menjadi lebih besar, sehingga warga yang ingin berjualan bisa tertampung, “kata Imam Syafii, usai mengikuti agenda Jumat Ngopi.

“Kalau perputaran (transaksi) per harinya, Insya Allah tidak kurang dari 50 sampai 100 juta,” ujar Imam, pedagangnya terdiri, kelontong, sayur mayur, mayoritas menyediakan sembilan bahan pokok.

Menanggapi usulan tersebut, Bupati Kediri yang biasa di sapa Mas Bup, berjanji akan menindaklanjuti usulan aspirasi dari warga Desa Balong Jeruk. Pasalnya pasar tradisional termasuk dalam visinya Pemberdayaan Ekonomi Kreatif.

“Terkait usulan warga Desa Balong Jeruk tentang pengembangan pasar tradisional, kami sangat mendukung. Karena pengembangan pasar tradisional merupakan salah-satu visi misi kami untuk mengembangkan ekonomi kerakyatan, “ujarnya

Pihaknya akan berkordinasi dengan dinas terkait, untuk segera menindaklanjuti aspirasi dari warga Balung Jeruk tersebut.(das)