Pj Wali Kota Zanariah Sampaikan Tantangan dan Harapan Adanya Bandara Dhaha

oleh -
oleh

Kediri, ArahJatim.com – Pj Wali Kota Kediri Zanariah menjadi salah satu narasumber dalam Diskusi Panel Kewirausahaan dengan judul Pembangunan Bandar Udara Internasional Dhaha Kediri, Senin (10/6). Materi yang disampaikan pada diskusi tersebut yakni Tantangan dan Harapan Pembangunan Bandar Udara Internasional Dhaha Kediri. Diskusi ini bertempat di SMAN 5 Taruna Brawijaya Kediri.

“Manfaat sangat banyak adanya bandara ini yakni memudahkan aksesibilitas masuk Kota Kediri, membuka banyak lapangan pekerjaan, serta perekonomian masyarakat juga akan tumbuh. Selain itu potensi pun juga sangat besar. Kita berharap tamu-tamu yang datang itu turun paling tidak menginap semalam dua malam di Kota Kediri. Makanya kita harus siapkan kota kita yang ramah untuk segala usia baik lansia, anak-anak dan semuanya,” ujar PJ Wali Kota Kediri.

arahjatim new community
arahjatim new community

Lebih lanjut, Zanariah menjelaskan bahwa persiapan yang dilakukan oleh Kota Kediri dengan menyediakan berbagai pelatihan salah satunya pelatihan kebandarudaraan. Lalu pemberian bantuan modal bagi para UMKM Kota Kediri dan sekarang dibantu untuk sertifikasi halal produknya, serta dilakukan kurasi agar kualitas terjaga dan masyarakat yang akan membeli tidak ragu. “Saya minta kalau kuliner harus ada uji klinisnya agar orang yang mau membeli tidak takut atas kebersihan dan kesehatan produk tersebut,” imbuhnya.

Selain kuliner, sarana prasarana juga harus mendukung untuk bisa menangkap peluang dari dibangunnya bandara ini. Pj Wali Kota Kediri menuturkan jalanan di Kota Kediri akan diperbaiki. Trotoar pun juga sama akan diperbaiki dan juga ditata. Lalu kecepatan kendaraan di dalam kota hanya boleh 40 km/jam sehingga aman untuk para pesepeda. “Jalur sepeda juga akan diperjelas. Pesannya bagi masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. Tempat sampah juga sudah diupayakan oleh Pemerintah Kota Kediri disediakan berjarak agar memudahkan untuk membuang sampah,” tambahnya.

Terakhir, Pj Wali Kota Kediri memberikan pesan khususnya untuk para anak muda harus menguatkan kemampuan hardskill dan softskill baik untuk persiapan bekerja maupun berwirausaha. Sejak muda, anak-anak harus bisa memanfaatkan waktunya untuk mengenali diri sendiri, mengasah keterampilan, mengikuti komunitas, kursus keterampilan, mengumpulkan berbagai pengalaman, perbanyak relasi serta yang tidak boleh lupa tetap belajar dan berdoa.

Hadir pula General Manager Angkasa Pura 1 I Nyoman Noer Rohim, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kediri Adi Prayitno, Kepala Bappeda Kabupaten Kediri Mohammad Solehudin, Kepala SMAN 5 Taruna Brawijaya Eko Agus Suwandi, perwakilan Kadin Kota Kediri Setyohadi, Ketua Kadin Kabupaten Kediri David Tompo Wahyudi, perwakilan PT Gudang Garam, Tbk, Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri Anang Kurniawan, serta Kepala Sekolah SMA se-Kota Kediri.

No More Posts Available.

No more pages to load.