Gunakan Truk Damkar, Satpol PP Banyuwangi Keliling Kota Semprotkan Disinfektan di Jalanan

oleh -

Banyuwangi, ArahJatim.com – Berbagai cara terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi untuk mempersempit ruang gerak penyebaran virus corona. Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) melakukan sterilisasi dengan cara menyemprotkan cairan disinfektan di jalanan perkotaan, Sabtu (28/3/2020) petang.

Menggunakan tiga unit mobil pemadam kebakaran (Damkar), 16 ribu liter cairan disinfektan disemprotkan ke jalan raya maupun kendaraan yang melintas.

Dimulai dari depan kantor Pemkab, petugas Satpol PP dan petugas Damkar berkeliling menyusuri jalan protokol tengah kota yang menjadi sasaran utama penyemprotan. Karena di jalan tersebut mobilitas masyarakat sangat tinggi, meski arahan untuk melakukan social distancing kerap kali disampaikan.

Selain itu, kendaraan roda dua dan empat juga masih banyak yang berseliweran dan parkir di tepi jalan. Melihat ada petugas melakukan penyemprotan, sejumlah kendaraan malah mendekat ke arah truk Damkar dengan harapan kendaraan mereka bisa tersiram cairan disinfektan yang diyakini bisa membunuh virus.

Tanaman di pinggir jalan raya pun tak luput dari penyemprotan agar mata rantai virus corona bisa mati dan tidak menjangkiti warga yang berada di luar rumah.

Baca juga:

Aksi semprot disinfektan ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman sekaligus mengajak masyarakat berpola hidup bersih dan sehat di saat pandemi virus corona seperti saat ini. Upaya ini akan terus dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran covid 19 yang kian meluas.

“Pada upaya sterilisasi ini, kami ubah strategi penyemprotan biasanya pagi sampai siang hari, kali ini dilakukan petang hingga malam hari. Menurut beberapa pakar, virus-virus pembawa penyakit dipercaya akan lebih banyak berkembang biak saat suhu udara sedang dingin. Mudah-mudahan cara ini efektif, penyemprotan terus dilakukan karena kita tidak tahu virus itu menempel di mana, bisa di baju, di tubuh, di pohon maupun kendaraan,” kata Anacleto da Silva, Kasat Pol PP Banyuwangi yan memimpin kegiatan penyemprotan.

Selain penyemprotan di jalanan perkotaan, petugas gabungan juga terus melakukan upaya sterilisasi dengan cara manual di perkampungan. Masyarakat juga diminta untuk ikut berperan aktif dalam upaya pencegahan virus corona dengan melakukan penyemprotan secara mandiri.

“Cairan disinfektan yang diyakini bisa membunuh kuman ini bisa kita buat sendiri di rumah dari air yang dicampur sedikit cairan pemutih pakaian ataupun pembersih lantai kamar mandi. Kita juga imbau masyarakat agar mengurangi waktu di luar maupun berkumpul di luar rumah saat pandemi virus corona ini, “ tegas mantan Camat Kalipuro itu. (ful)