Calon Arang Tampil Memukau Di Jatim Kominfo Festival

by -
https://live.staticflickr.com/65535/48869829877_517a6d2ea9_b.jpg

Kediri, ArahJatim.com – Pertunjukan rakyat (Pertura) Kabupaten Kediri menampilkan memukau pada ajang Festival Kominfo Jatim di Kabupaten Magetan. Penampilan yang bagus ini mengundang decak kagum penonton hingga tak beranjak dari tempat duduknya, (3/10).

Disaksikan oleh penonton dan tak ketinggalan Bupati Magetan Dr. Drs. Suprawoto, SH, M.Si, Kapolres Magetan dengan mengambil peran cerita legenda Calon Arang. Kabupaten Kediri mendapat giliran tampil di urutan ketiga setelah Kabupaten Lamongan.

Cerita sedikit kisah, Calon Arang bertutur tentang kehidupan perempuan tua yang jahat. Pemilik ilmu teluh hitam dengan bantuan Dewi Durga dan penghisap darah manusia. Semua lawan dibabatnya, yang mengkritik dihabisinya. Ia senang menganiaya sesama manusia, membunuh, merampas dan terluka. Ia memiliki banyak ilmu hitam untuk membunuh orang.

Tapi kejahatan ini pada akhirnya bisa ditumpas di tangan kebaikan Empu Baradah dengan siasat Empu Bhahula menikahi Ratna Manggali. Empu Baradah bisa memperbaiki kehidupan masyarakat yang gonjang-ganjing ke jalan yang benar-benar bisa hidup lebih baik dan lebih tenang, tidak membuat onar dengan segala macam kejahatan. Itulah sepenggal sinopsis dari cerita Calon Arang.

Dengan performa yang energik dan total, mereka memperagakan setiap peran yang dibawakan. Mulai dari dialog, dagelan, hingga adegan perkelahian yang membuat penonton larut terbawa suasana. Tak sedikit pula yang ikut bersorak-sorai hingga menambah ramai suasana.

Pada penampilan yang dibawakan oleh para seniman asli Kabupaten Kediri tersebut juga disampaikan informasi capaian pembangunan dan sektor pariwisata andalan yang mampu mendongkrak perekonomian masyarakat, serta produk-produk unggulan UMKM Kabupaten Kediri.

Yang lebih membanggakan lagi, saat diumumkan oleh dewan juri, Kabupaten Kediri mendapatkan penghargaan Aktris Terbaik. Dalam hal ini didapatkan oleh Ganepowati yang berperan sebagai Calon Arang, seorang perempuan tua jahat dan memiliki ilmu hitam yang siap membunuh siapa saja yang melawannya.

“Berkat latihan, kekompakan dan kerja sama yang baik dari semua pemain ketoprak bersama kru , alhamdulillah (tim) Kabupaten Kediri mendapat penghargaan pada ajang Kominfo Jatim Festival 2019 di Magetan,” terang Nepo. (Kominfo)