Brafis 2020, Ajang Film Pendek Kediri Berkualitas

oleh -

Kediri, ArahJatim.com – Bekerja sama dengan sejumlah pihak, Sinema Kadirian menggelar Brantas Film Screening (Brafis) 2020 di gedung J, Universitas PGRI Nusantara (UNP), pada Sabtu (7 Maret 2020).

Brafis 2020 merupakan ajang pemutaran dan diskusi 10 film pendek karya sineas Kediri yang diputar sejak siang hingga malam hari. Malamnya, juga ada spesial screening film panjang ‘Tengkorak’.

Juru Bicara Panitia, Ella Sekar mengatakan, Brafis merupakan apresiasi terhadap karya sineas lokal. Menurut dia, Kediri memiliki ‘aset’ terpendam sineas-sineas muda yang handal.

“Banyak karya film-film pendek Kediri yang berkualitas dan bisa berprestasi di tingkat regional bahkan nasional,” ujarnya.

Selain itu, event ini juga bisa jadi ruang interaktif bagi pegiat film di Kediri. Sineas, menurut Ella, berkesempatan unjuk berkarya sekaligus belajar menerima apreasi maupun kritikan. Sehingga, mereka bisa berkembang dengan baik.

Baca Juga :

“Kami harapkan, ada komunikasi intens antara sineas di Kediri. Bagi teman-teman pelajar juga bisa banyak menimba ilmu pada sineas yang senior,” kata Ella.

Film yang discreening dalam Brafis 2020 ada film pendek pelajar dan film pendek umum. Ada empat sesi pemutaran. Pada dua sesi awal siang hari, akan diputar masing-masing sesi empat film pendek yang diselingi dengan diskusi.

“Pada malam harinya, sesi tiga dan sesi keempat screening dua film pendek pilihan. Kemudian,pemutaran film panjang ‘Tengkorak’ karya Yusron Fuadi dari Yogyakarta,” tambah Ella.

Kedepannya, Brafis diharapkan bisa berkembang menjadi ajang yang memacu semangat sineas Kediri dalam berkarya. Bahkan, Brafis juga menjadi sarana hiburan bagi masyarakat yang menggemari film.

Film-film yang discreening dalam Brafis 2020 antara lain;

Sesi 1 // pukul 13.00 WIB // Film Pendek Pelajar //
1. ‘Afeksi’
Sutradara : Fikri Ali
2. ‘Sumelang’
Sutradara : Hoase Hing Bawana
3. ‘Lilin Kopi’
Sutradara : Farid Farhan
4. ‘Destiny’
Sutradara : Luhuring Budi

Sesi 2 // pukul 15.00 WIB // Film Pendek Umum //
1. ‘Nyikep’
Sutradara : Reno Muhammad
2. ‘Ribaan Pusaka’
Sutradara : Selfi MT – Reno Muhammad
3. ‘Serawung Mbois 2’
Sutradara : Saifuddin
4. ‘Hoh We’
Sutradara : Azi Alkhairi

Sesi 3 / Pukul 18.15 WIB / Film Umum Pilihan //
1. Warisan
Sutradara : Ary Iswahyudi
2. Manunggal
Sutradara : Dior Octiranto P.

Sesi 4 // Spesial Screening // Pukul 19.00 WIB
1. Tengkorak
Sutradara : Yusron Fuadi

(das)