Asmara Menyatu, Sepasang Napi Menikah Di Dalam Lapas

oleh -
Pasangan Hadi Purnomo (28) dan Febrina Ika Kristanti (27) melakukan akad nikah di dalam lembaga pemasyarakatan Jumat (22/2/2019) sore. (Foto: ArahJatim.com/ful)

Banyuwangi, ArahJatim.com – Mengaku jatuh hati sejak sama-sama menjadi narapidana di Lapas Kelas IIB Banyuwangi, Jawa Timur, Hadi Purnomo (28) dan Febrina Ika Kristanti (27) memutuskan mengikat hubungan mereka di dalam lembaga pemasyarakatan Jumat (22/02/2019) sore. Keduanya memutuskan menikah setelah beberapa bulan menjalin asmara di dalam Lapas dan sudah mendapat izin dari Kalapas untuk melangsungkan akad nikah.

Proses akad nikah berlangsung mengharukan. Kedua mempelai dan keluarga serta para warga binaan yang turut menyaksikan, tak kuasa menyembunyikan rasa haru.

“Waktu ada acara pembinaan di masjid saya ketemu istri saya ini. Setelah menjalin asmara selama lima bulan dan ada kecocokan akhirnya memutuskan menikah” ucap Hadi Purnomo.

Sementara, layaknya resepsi pesta pernikahan pada umumnya, sejumlah artis lokal Banyuwangi diiringi Band Kapok yang personilnya merupakan warga binaan lapas juga turut serta mengibur kedua mempelai. Namun demikian, tamu yang diundang jumlahnya sangat terbatas, yaitu 40 orang dari keluarga kedua mempelai dan beberapa ketua kamar Lapas.

“Menurut aturan pelaksanaan resepsi pernikahan di dalam Lapas tidak melanggar, asalkan tamu dan acara berjalan dengan tertib. Sedang tamu undangan yang dari luar Lapas juga dibatasi hanya untuk keluarga dengan jumlah 40 orang,” ujar Kalapas kelas II B Banyuwangi, Ketut Akbar Herry Achjar.

Saat ditanya kapan rencana akan bulan madu, kedua mempelai hanya bisa tertawa kecil dan pasrah atas keadaan. Sebab status mempelai pria masih berstatus napi belum selesai menjalani hukuman. Sementara usai akad nikah wanita yang keseharianya dipanggil Ika rencananya akan pulang ke rumah suaminya yang hingga kini masih menjalani sisa hukuman di Lapas sekitar 2 tahunan. Ika berharap, lelaki pilihannya menjadi seorang suami yang bertanggung jawab kepada keluarganya kelak.

Baca Juga :

“Ya semoga bertanggung jawab pada istri dan anaknya nanti mas. Ya seneng banget meski nikah di lapas” ujar Ika.

Hadi Purnomo merupakan warga binaan Lapas yang sebelumnya di Vonis 5 tahun 6 bulan atas kasus pencurian disertai kekerasan. Saat ini pria asal Kecamatan Rogojampi tersebut sudah menjalani hukuman sekitar 2 tahun lebih. Sedang Febrina Ika Kristanti juga seorang napi atas kasus penyalahgunaan narkoba dengan vonis 4 tahun penjara. Namun saat ini wanita asal Kecamatan Pesanggaran tersebut statusnya bebas bersyarat, sejak Oktober lalu. (ful)