Pemprov Jatim Resmikan Bangkalan Menjadi Zona Merah Covid 19

oleh -

Bangkalan, Arahjatim.com – Setelah sempat berada pada zona rawan merah penyebaran covid 19, kini update peta penyebaran Virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Bangkalan Kamis (9/4/2020) telah positif menunjukkan zona merah. Sebelumnya satu pasien asal Kecamatan Blega dinyatakan positif terpapar Covid-19 melalui hasil Swab tenggorokan di laboratorium Surabaya. Namun, sesuai saran Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Timur (Jatim) untuk dilakukan konfirmasi ke Laboratorium Litbangkes Jakarta.

Setelah menunggu selama hampir 1 minggu, hasil dari Laboratorium Litbangkes Jakarta menyebutkan bahwa pasien asal Blega tersebut dinyatakan Positif terpapar Covid-19. Kini, paisen sedang diisolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syarifah Ambami Rato Ebu (Syamrabu) Bangkalan dan dilakukan perawatan.

Sebelumnya, Kabupaten Bangkalan masih termasuk dalam zona kuning yang mengindikasikan zona merah sejak hasil Swab tenggorokan pasien asal Blega tersebut. Akan tetapi, setelah hasil dari Laboratorium Litbangkes Jakarta, Pemprov Jatim menunjukkan peta sebaran kabupaten Bangkalan sudah termasuk Zona Merah.

Pada peta sebaran tersebut menunjukkan 407 Orang Dalam Pantauan (ODP), 2 Orang termasuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP), serta 1 Orang dinyatakan positif terpapar Covid-19.

Agus Zain, Selaku Humas Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangkalan membenarkan bahwa Kabupaten Bangkalan Sudah masuk daerah Zona Merah.

“Iya, dan sudah diisolasi,” ucap pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi Dan Informasi (Kominfo) Bangkalan.

Dirinya mengatakan pasien Asal Blega dinyatakan positif dan tengah dirawat di ruang isolasi RSUD Syamrabu Bangkalan.

“Tak perlu dipersiapkan lagi, kan sudah diisolasi tinggal dilanjutkan saja perawatannya,” ucapnya.

(fat/rid)