Momen Jelang Agenda Besar Pemilu, Bupati Besarkan Hati Anggota Linmas

oleh -
oleh

Tulungagung, ArahJatim.com – Ada secercah harapan para anggota linmas Tulungagung menghadapi pemilu dan event event besar mendatang. Salah satunya adalah pemerintah harus memperhatikan keberadaan linmas, karena menurut Bupati peran linmas masih sangat dibutuhkan masyarakat.

Itu terungkap dalam agenda besar pemkab Tulungagung, Apel pengamanan pemilu 2024, yang secara formal dilakukan apel di depan kantor Pemkab Tulungagung, Rabu,23/8/2023.

“Berdasarkan Permendagri Nomor 26 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat adalah peran Perlindungan Masyarakat. Satlinmas memiliki peranan penting dalam membantu pengamanan, ketentraman, ketertiban, dan keamanan dalam penyelenggaraan Pemilu maupun Pilkada “, ungkap Bupati Tulungagung, Maryoto Bhirowo, dalam sambutanya.

arahjatim new community
arahjatim new community

Ditambahkan, pengakuan ini adalah bentuk nyata peran anggota linmas ( dulu Hansip ) dalam kehidupan masyarakat. Dengan kondisi ini sudah seharusnya pemerintah mengambil peran, memberikan bekal peningkatan peran, baik ketrampilan maupun sarana teknologi kekinian.

Kabupaten Tulungagung sesuai data tahun 2023 memiliki jumlah total 7.520 anggota Linmas. Kemudian dari jumlah tersebut pada Pemilu maupun Pilkada tahun 2024 akan ditugaskan di 3.305 Tempat Pemungutan Suara (TPS), Posko di Desa juga Kelurahan, Posko Kecamatan, dan Posko Kabupaten.

” Pada tahun 2022, Kementerian Dalam Negeri telah meluncurkan aplikasi Simlinmas yaitu aplikasi yang digunakan untuk pendataan anggota dan pelaporan kegiatan linmas.Hal ini nantinya bisa digunakan sebagai rujukan, bagaimana peran dari linmas bisa dimaksimalkan. Saya berharap kepada para Camat agar dapatnya membantu proses pendaftaran anggota linmas pada aplikasi Simlinmas Kemendagri”, tambah bupati yang September 2022 nanti harus lengser dari jabatannya tersebut. (dni)

No More Posts Available.

No more pages to load.