Miris! Tiga Orang Satu Keluarga Tewas Usai Menyantap Ikan Ini

oleh -
https://live.staticflickr.com/65535/49644460812_f04a9abe84_b.jpg
Kerabat dan tetangga mengusung jenazah para korban untuk dimakamkan di pemakaman setempat. (Foto: arahjatim.com/ful)

Banyuwangi, ArahJatim.com – Tiga orang dua diantaranya pasangan suami istri (Pasutri) dan satu orang mertuanya tewas akibat keracunan setelah mengkonsumsi ikan buntal. Pasutri tersebut adalah, Muhlis Hartono (66), dan Dewi Ambarwati, (58) serta mertuanya, Siti Habsah, (80) warga Desa Alasbuluh, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi.

Kapolresta Banyuwangi Kombespol Arman Asmara Syarifudin membenarkan ada tiga warga di Desa Alasbulu, Wongsorejo telah meninggal dunia diduga mengkonsumsi ikan buntal. Ikan buntal yang dikonsumsi didapatkan dari hasil memancing di laut pada Senin, (9/3/2020) kemarin. Oleh korban, Muhlis Hartono kemudian dimasak dengan kuah santan, dan dimakan bersama tiga korban.

Baca juga:

“Hari ini di Kecamatan Wongsorejo ada tiga orang korban meninggal dunia diduga akibat keracunan ikan. Dimana tiga korban tersebut, satu lelaki dua wanita. Ikan tersebut didapat dari hasil memancing kemudian direbus dan digoreng lalu dikonsumsi pada hari Senin kemarin. Kemudian dimakan kembali sehingga menimbulkan sakit perut,” kata Kapolresta Banyuwangi Kombespol Arman Asmara Syarifuddin saat dihubungi sejumlah wartawan, Selasa (10/3/2020) sore.

Kapolresta menambahkan, setelah mengalami sakit perut berkepanjangan, ketiga korban juga sempat muntah-muntah selanjutnya dilarikan ke Puskesmas terdekat. Namun sayang nyawa ketiga korban tidak bisa tertolong. Tim medis puskesmas setempat menyatakan ketiganya meninggal dunia.

Polisi menyita barang bukti sisa makanan berupa ikan buntal yang sudah dimasak untuk dilakukan uji laboratorium forensik. (Foto: arahjatim.com/ful)

Atas peristiwa tersebut petugas Kepolisian Resort Kota (Polresta) Banyuwangi bersama Polisi Sektor (Polsek) Wongsorejo  langsung melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), dan melakukan pemeriksaan luar terhadap ketiga jazad korban. Petugas juga menyita barang bukti sisa makanan berupa ikan buntal yang sudah dimasak untuk dilakukan uji laboratorium forensik Polda Jawa Timur.

“Kegiatan kepolisian adalah melaksanakan visum dan olah TKP untuk memastikan visum tersebut juga berkoordinasi dengan dokter di Puskesmas guna mengecek apakah ikan tersebut beracun atau tidak.  Kami juga menyita sisa ikan yang sudah dimasak untuk diperiksa di laboratorium forensik,” tegas Kapolresta yang selalu ramah dengan sejumlah wartawan tersebut.

Selanjutnya pasangan suami istri tersebut, Muhlis Hartono dan Dewi Ambarwati langsung dimakamkan di pemakaman umum daerah setempat. Sedangkan Siti Habsah dimakamkan di wilayah Banyuwangi kota, dekat rumah anaknya yang lain. (ful)